Pengendalian Mutu Tanah Dasar Dan Lapis Pondasi Agregat Pada Pekerjaan Akses Jalan Bandara Internasional Dhoho Kediri

Authors

  • Melinia Friska Desi Afrida Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Priyanto Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i5.321

Keywords:

Pengendalian Mutu, California Bearing Ratio (CBR), Tanah Dasar, LPA, LPB

Abstract

Pada setiap proyek tentu diharapkan kelancaran dan keberhasilan sesuai dengan rencana pekerjaan. Untuk mencapai keberhasilan tersebut dalam suatu proyek diperlukan sebuah pengendalian mutu, pengendalian mutu yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran proyek. Pada penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian mutu pada tanah dasar dan lapis pondasi agregat pekerjaan akses jalan Bandara Internasional Dhoho Kediri, data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, untuk data primer diambil dari pengujian langsung di lapangan. Untuk pengendalian mutu akses jalan ini dengan melakukan beberapa pengujian untuk memperoleh nilai CBR. Pengendalian mutu pada tanah dasar yaitu dengan pengujian Dynamic Cone Penetrometer (DCP) dengan ketentuan nilai CBR>6%, sedangkan untuk lapisan pondasi agregat kelas A dan kelas B dengan pengujian CBR Laboratorium dan CBR Lapangan dengan ketentuan LPB nilai CBR>60% dan LPA nilai CBR>90%. Adapun hasil dari pengujian tanah dasar dan lapis pondasi agregat kelas A (LPA) dan lapis pondasi agregat kelas B (LPB). Untuk hasil uji DCP STA 0+700 – 1+000 memiliki rata-rata 19,423%, untuk hasil uji CBR Laboratorium LPB yaitu 66,77% dan CBR Lapangan rata-rata 87,43%. Untuk hasil uji CBR Laboratorium LPA yaitu 94,32% dan CBR lapangan rata-rata 100,5%. Hasil dari pengujian telah melebihi standar yang telah ditentukan maka mutu aman.

Downloads

Published

2023-05-09

How to Cite

Friska Desi Afrida, M., & Priyanto, B. . (2023). Pengendalian Mutu Tanah Dasar Dan Lapis Pondasi Agregat Pada Pekerjaan Akses Jalan Bandara Internasional Dhoho Kediri. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(5), 1067–1076. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i5.321

Most read articles by the same author(s)