Pengelolaan Risiko Pekerjaan Pondasi Bored Pile Pada Proyek Pembangunan Jalur Kereta Api Elevated Antara Solo Balapan – Kadipiro Km 104 + 700 S/D Km 107 + 000 (Tahap 1)

Authors

  • Adeline Faustina Supono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Priyanto Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i3.278

Keywords:

Bored Pile, Pengeboran, Pondasi

Abstract

Jembatan layang pada Proyek Pembangunan Jalur Kereta Api Elevated antara Solo Balapan – Kadipiro KM 104 + 700 s/d KM 107 + 000 (tahap 1) yang berlokasi di Simpang Joglo, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Tujuan adanya pembangunan proyek ini untuk mengurangi kepadatan, kemacetan lalu lintas yang berada di sekitar perlintasan sebidang Simpang Joglo, selain itu untuk meningkatkan produktifitas perjalanan kereta api, dan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini  menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif yaitu penelitian dengan melakukan pengamatan langsung selama pekerjaan bored pile berlangsung dari pekerjaan awal hingga akhir, serta dengan mengumpulkan berbagai infomasi dalam bentuk wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan beberapa kendala, dampak, serta solusi  dari pekerjaan pondasi bored pile. Adapun kendala saat pekerjaan yaitu, pada saat pengeboran terjadi kendala pada kelly dan terjadi longsor, pada pekerjaan pengecoran terjadi kendala pada pipa tremi dan ready mix, juga terjadi kendala saat pencabutan casing. Salain itu, dampak yang terjadi pada lingkungan masyarakat yaitu adanya dampak pada pencemaran udara, suara bising namun masih dalam keadaan normal, terganggunya lalu lintas, dan terdapat beberapa jalan yang rusak.

References

Fadli, Muhammad Rijal. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Kholis, Almifta Adinul. (2022). PENGARUH PENGULANGAN PENGEBORAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN LUBANG BOR PADA MATERIAL BAJA AISI 1045. Politeknik Negeri Sriwijaya.

MANURUNG, LAMROY DAVID. (2023). EVALUASI KAPASITAS DAYA DUKUNG PONDASI BORED PILE TIANG TUNGGAL DAN KELOMPOK PADA PROYEK PEMBANGUNAN BOX CULVERT BH 14A, 14 B LINTAS KERETA API MEDAN-BINJAI. Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara.

Praditya, Alfian Restuyudha Adji. (2021). STUDI EVALUASI TITIK KEMACETAN SIMPANG EMPAT DI JALAN KEBANGKITAN NASIONAL-JALAN BHAYANGKARA KOTA SURAKARTA. JEI (Jurnal Engineering Indonesia), 1(2).

Puri, Anas, Hardiyatmo, Hary C., Suhendro, Bambang, & Rifa’i, Ahmad. (2015). Pull out test of single pile row nailed-slab system on soft clay. Proc. The 14th International Conference on Quality in Research (QiR), Universitas Indonesia, Lombok, 63–68.

Saputra, Rahmad Doni Adi. (2021). Analisis Perhitungan Pondasi Bored pile Pembangunan Refinery Smart Tbk. Dumai. Analysis Calculation of Bored Pile Foundation Development of Refinery Smart ….

YULISTYAWAN, ALFANDY D. W. I. (2022). Evaluasi Metode Pekerjaan Pondasi Pada Bangunan Gedung Bertingkat (Evaluation Of Foundation Work Methods At Buildings)(Studi Kasus Gedung Rumah Sakit Universitas Islam Indonesia Yogyakarta).

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Faustina Supono, A., & Priyanto, B. . (2023). Pengelolaan Risiko Pekerjaan Pondasi Bored Pile Pada Proyek Pembangunan Jalur Kereta Api Elevated Antara Solo Balapan – Kadipiro Km 104 + 700 S/D Km 107 + 000 (Tahap 1). Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(3), 757–763. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i3.278

Most read articles by the same author(s)