Pengelolaan Resiko Pekerjaan Steel Sheet Pile (Ssp) Pada Proyek Jalan Kereta Api Antara Solo Balapan-Kadipiro Km 104+700 S/D Km 107+000

Authors

  • Aisyah Fidina Bella Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Priyanto Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i3.277

Keywords:

Elevated, Metode Pelaksanaan, Steel Sheet Pile

Abstract

Steel Sheet Pile adalah dinding vertikal relatif tipis yang berfungsi selain untuk menahan tanah juga berfungsi untuk menahan masuknya udara ke dalam lubang galian. Adapun rumusan masalah yang diangkat yaitu sebagai berikut: Apa saja kendala - kendala yang terjadi pada saat pekerjaan Steel Sheet Pile (SSP) dilaksanakan dilapangan Bagaimana cara penyelesaian permasalahan kendala yang terjadi dilapangan. Pada Proyek pembangunan KA Elevated antara Solo Balapan - Kadipiro KM.104+700 s/d KM 107+000 (Tahap 1). Adapun tujuan yang diangkat dari penelitian ini: Untuk mengetahui kendala- kendala yang terjadi pada saat pekerjaan Steel Sheet Pile (SSP). Untuk mengetahui cara menyelesaikan permasalahan yang terjadi saat pelaksanaan pekerjaan pemancangan Steel Sheet Pile (SSP) di lapangan. Penelitian kuantitatif adalah pendekatan kajian empiris untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menampilkan data dalam bentuk numerik (angka) daripada naratif, dan metode penelitian kualitatif merupakan penelitian yang melakukan studi kasus pengamatan langsung di lokasi proyek dengan melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar. Pengamatan di mulai pukul 08.30 sampai 12.00 dilanjut lagi pukul 13.00 sampai 17.00. alat dan material maupun dari lingkungan area proyek, kendala tersebut memerlukan solusi namun bukan berarti menghentikan pekerjaan yang sudah sesuai kontrak yang disetujui. Dilhat dari penelitian mengenai observasi di lapangan membahas kendala – kendala yang terjadi pada pekerjaan pemancangan Steel Sheet Pile (SSP), semua kendala yang terjadi sudah memiliki solusi yang bisa ditangani dengan baik seperti dapat dilihat pada tabel 3.1.1. Pelaksana lapangan harus memperhatikan produktivitas pekerjaan di lapangan dengan mengetahui produktivitasnya maka pelaksana dapat mengetahui target yang harus dicapai dalam pekerjaan pemancangan Steel Sheet Pile (SSP).

References

Ahmad, Siti Nurjanah, Hanafie, Isnaeny Maulidiyah, Sriwati, Meny, Kamba, Charles, Lapian, Franky Edwin Paskalis, Risfawany, Lasty Dinulfy, Syam, Alfauzsia, Mustika, Wayan, Tumpu, Miswar, & Suryamiharja, Didik. (2021). Pemanfaatan Material Alternatif (Sebagai Bahan Penyusun Konstruksi). TOHAR MEDIA.

Arody, Muhammad. (2020). Pembangunan Istalasi Perpipaan Air Limbah Pekan Baru-Area Selatan.

Hambudi, Teguh. (2015). # 1 Professional General Affair: Panduan Bagian Umum Perusahaan Modern. VisiMedia.

Hardiyatmo, Hary Christady. (2015). Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah, edisi 2. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Komarullah, Teddy. (2021). Analisis Akurasi Arah Kiblat Menggunakan Metode Tongkat Istiwa’dan Rumus Segitiga Bola (Studi Kasus Di Masjid At-Taqwa Kp. Benda Ds. Benda Kec. Sukamulya Kab. Tangerang). UIN SMH BANTEN.

Mahawati, Eni, Fitriyatinur, Qurnia, Yanti, Cici Apriza, Rahayu, Puspita Puji, Aprilliani, Cici, Chaerul, Muhammad, Hartini, Eko, Sari, Mila, Marzuki, Ismail, & Sitorus, Efbertias. (2021). Keselamatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan Industri. Yayasan Kita Menulis.

PRAYOGA, NANDA. (2022). Evaluasi Kinerja Dan Penyusunan Aknop Bangunan Embung Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Primyastanto, Mimit. (2016). Evapro (Evaluasi Proyek): Teori dan Aplikasi pada Usaha Pembesaran Ikan Sidat (Anguilla sp). Universitas Brawijaya Press.

Ramadhan, Fikih. (2017). LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA PT. Vorspann System Losinger (VSL) INDONESIA.

Sajali, Muhammad Amar, Lufira, Rahmah Dara, & Marsudi, Suwanto. (2019). Analisa Safety Factor Sheet Pile Pada PLTMG Pontianak Peaker Dengan Aplikasi Geo5. Jurnal Teknik Pengairan: Journal of Water Resources Engineering, 10(2), 74–83.

UTAMA, DIMAS ANGGARA. (2022). Pengaruh Penambahan Limbah Serbuk Kaca Dan Gypsum Terhadap Nilai Cbr Dan Kuat Geser Pada Tanah Lempung (The Effect Of Addition Of Glass Powder And Gypsum Waste On Cbr Value And Shear Strength Parameter Value In Clay).

Waruwu, Aazokhi, Hardiyatmo, Hary Christady, & Rifa’i, Ahmad. (2019). The Performance of the nailed slab system-supported embankment on peat soil. International Review of Civil Engineering, 10(5), 243–248.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Fidina Bella, A., & Priyanto, B. . (2023). Pengelolaan Resiko Pekerjaan Steel Sheet Pile (Ssp) Pada Proyek Jalan Kereta Api Antara Solo Balapan-Kadipiro Km 104+700 S/D Km 107+000. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(3), 749–756. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i3.277

Most read articles by the same author(s)