Analisis Kebijakan Standar Isi Pendidikan Di Sdn 192 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.459Keywords:
kurikulum, Pendidikan, sekolahAbstract
Kurikulum adalah bentuk implementasi dan desentralisasi kebijakan pendidikan sedemikian rupa sehingga kurikulum benar-benar memenuhi kebutuhan pengembangan potensi peserta didik di sekolah dengan memperhatikan kepentingan lokal, nasional dan global serta semangat orientasi sekolah.Selain itu, tingkat kompetensi dirumuskan berdasarkan tingkat perkembangan lulusan Indonesia dan kriteria manajemen kompetensi berjenjang, sehingga kurikulum yang digunakan di SDN 192 Pekanbaru adalah kurikulum desentralisasi yang menggabungkan kurikulum K13 dan kurikulum Merdeka berubah.Selain kepala sekolah, pendidik di sekolah penggerak juga merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak pendidik harus mampu menjadi tutor, fasilitator, dan pemberi inspirasi bagi anak didiknya sehingga bisa memotivasi peserta didik menjadi siswa yang aktif, kreatif dan inovatif. Hasil dari observasi dan wawancara dalam penelitian di salah satu SD berubah di kota Pekanbaru salah satu unsur yang penting dalam sekolah tersebut yaitu kepala sekolah yang mempunyai nilai juang yang tinggi untuk memajukan sekolah.Selain kepala sekolah, pendidik di sekolah penggerak juga merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak pendidik harus mampu menjadi tutor, fasilitator, dan pemberi inspirasi bagi anak didiknya sehingga bisa memotivasi peserta didik menjadi siswa yang aktif, kreatif dan inovatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Marisya Mardhatilah Ay, Dico muhammad azlin, Ulandari Safitriyani, wahyuni wahyuni, Jumasi Jumasi, Nurhidayati Nurhidayati, Sumianto Sumianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.