Analisis Kebijakan Standar Isi Pendidikan Di Sdn 192 Pekanbaru

Authors

  • Marisya Mardhatilah Ay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusak, Indonesia
  • Dico muhammad azlin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusak, Indonesia
  • Ulandari Safitriyani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusak, Indonesia
  • wahyuni wahyuni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusak, Indonesia
  • Jumasi Jumasi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusak, Indonesia
  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusak, Indonesia
  • Sumianto Sumianto Universitas Pahlawan Tuanku Tambusak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.459

Keywords:

kurikulum, Pendidikan, sekolah

Abstract

Kurikulum adalah bentuk implementasi dan desentralisasi kebijakan pendidikan sedemikian rupa sehingga kurikulum benar-benar memenuhi kebutuhan pengembangan potensi peserta didik di sekolah dengan memperhatikan kepentingan lokal, nasional dan global serta semangat orientasi sekolah.Selain itu, tingkat kompetensi dirumuskan berdasarkan tingkat perkembangan lulusan Indonesia dan kriteria manajemen kompetensi berjenjang, sehingga kurikulum yang digunakan di SDN 192 Pekanbaru adalah kurikulum desentralisasi yang menggabungkan kurikulum K13 dan kurikulum Merdeka berubah.Selain kepala sekolah, pendidik di sekolah penggerak juga merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak pendidik harus mampu menjadi tutor, fasilitator, dan pemberi inspirasi bagi anak didiknya sehingga bisa memotivasi peserta didik menjadi siswa yang aktif, kreatif dan inovatif. Hasil dari observasi dan wawancara dalam penelitian di salah satu SD berubah di kota Pekanbaru salah satu unsur yang penting dalam sekolah tersebut yaitu kepala sekolah yang mempunyai nilai juang yang tinggi untuk memajukan sekolah.Selain kepala sekolah, pendidik di sekolah penggerak juga merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak pendidik harus mampu menjadi tutor, fasilitator, dan pemberi inspirasi bagi anak didiknya sehingga bisa memotivasi peserta didik menjadi siswa yang aktif, kreatif dan inovatif.

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Mardhatilah Ay, M., muhammad azlin, D. ., Safitriyani, U., wahyuni, wahyuni, Jumasi, J., Nurhidayati, N., & Sumianto, S. (2023). Analisis Kebijakan Standar Isi Pendidikan Di Sdn 192 Pekanbaru . Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7), 1334–1339. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.459

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.