Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.803Keywords:
Pendidikan, Kurikulum Merdeka, kualitas pembelajaran, profil pelajar Pancasila.Abstract
Pendidikan adalah kunci utama dalam kemajuan suatu bangsa. Di Indonesia, kualitas pendidikan masih menghadapi tantangan, seperti disparitas antara wilayah perkotaan dan pedesaan serta minimnya partisipasi masyarakat. Sebagai respons, pemerintah memperkenalkan Kurikulum Merdeka pada tahun 2018 untuk menjawab kebutuhan tenaga kerja dan relevansi pendidikan. Kurikulum ini memberikan kebebasan kepada guru dan siswa dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan lokal. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah deskriptif naratif dengan pendekatan studi literatur. Temuan menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan berbasis proyek dan penguatan profil pelajar Pancasila. Implementasi kurikulum ini bertujuan menciptakan generasi yang kompetitif dan berkualitas. Peran guru, kepala sekolah, dan partisipasi masyarakat sangat penting dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan. Kurikulum Merdeka diharapkan mampu menjawab tantangan pendidikan di Indonesia dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih kreatif dan inovatif.
References
Wahyuni, S. (2022). Kurikulum merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404-13408. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.12696
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum merdeka: Persepsi guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197-210.
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246j.js.2022.v12.i3.p236-243
Iskandar, S., Sholihah Rosmana, P., Fauziyyah, D. H., Hasanah, I. A., Nada, L. N., & Puradireja, S. M. (2022). Pentingnya Kurikulum Darurat Covid-19 Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Sinektik, 5, 29–39. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/7388
Lestariningrum, A. (2022). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran). https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2504
Lowe, K., & Yunkaporta, T. (2013). The inclusion of Aboriginal and Torres Strait Islander content in the Australian National Curriculum: A cultural, cognitive and sociopolitical evaluation. Curriculum Perspectives, 33(1). http://acsa.edu.au/pages/images/KLowe_article%20(2).pdf
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476tarbawi.v5i2.392
Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau dari Konsep Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS)-2022. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3324
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Rahmansyah, M. F. (2021). Merdeka belajar: Upaya peningkatan mutu pembelajaran di sekolah/madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13905
Ledia, S. L., & Bustam, B. M. R. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 790-816.
Fahmi, A., & Aryani, M. (2022). Strategi peningkatan mutu melalui kurikulum merdeka di perguruan tinggi swasta (Descriptive study di Prodi Manajemen Undikma). Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 168-175. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5999
Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 386-393. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4583
Elisa. “Pengertian, Peranan, Dan Fungsi Kurikulum” 27037 (2013): 1–12.
Saesari. “Strategi Peningkatan Mutu Melalui Kurikulum Merdeka Di Perguruan TinggiSwasta” 7, no. 2 (2022): 168–75.
Sumarsih, and Teni. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu6, no. 5 (2022): 8248–58
Tiraswati, Dina Martha, and M Pd. “Starategi Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Pendidikan2 (2018).
Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka
Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7174–87.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Ramdhani, N. M., Andini, R. P., & Rustini, T. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPAS di Kelas Awal pada Kurikulum Merdeka melalui Pemanfaatan TIK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6660-6666. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7276
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salsa Widiya Ningsih, Puad Fatoni, Ihsan Ferdinand, Fadia M, Jaja Jaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.