Program Pesantren Ramadhan Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Muhammadiyah Pagatan

Authors

  • Resty Hudaidah Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang
  • Romelah Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i1.3

Keywords:

Pesantren Ramadhan, Ramadhan, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pembelajaran agama Islam dikelas dirasa kurang cukup untuk memperluas pengetahuan peserta didik. Hal ini disebabkan berbagai faktor, seperti materi yang terbatas pada ketentuan kurikulum yang telah dibuat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pesantren Ramadhan dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam yang belum didapatkan di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang mana penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Pagatan. Pengumpulan data pada penelitian ini mengunnakan tiga cara, observasi untuk memantau jalannya program pesantren Ramadhan ini. Wawancara dilakukan sebagai kebutuhan pelengkap observasi, dan yang menjadi objek wawancara adalah Kepala Sekolah, Guru, Anggota IPM, dan siswa SMK Muhammadiyah. Dokumentasi yang dikumpulkan berupa foto, jadwal kegiatan, dan absensi siswa. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan model dari Miles dan Huberman, dengan mengumpulkan semua data, membuat catatan lapangan, dan menarik kesimpulan. Maka hasil yang didapat pada penelitian ini adalah 1) program pesantren Ramadhan yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Pagatan berlangsung selama 5 hari pada tanggal 21 April hingga 27 April 2022. 2) Kegiatan yang dilaksanakan berupa Shalat Sunnah Dhuha, tadarrus, seminar tentang keagamaan, diskusi, dan ditutup shalah Dhuhur berjamaah. 3) Materi yang di sampaikan dalah seminar meliputi, Aqidah, Aklaq, Kemuhammadiyahan, fiqh dan kesehatan, pergaulan remaja dan cinta tanah air.

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Hudaidah, R., & Romelah, R. (2022). Program Pesantren Ramadhan Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Muhammadiyah Pagatan. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(1), 17–23. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i1.3