Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Melalui Hasil Evaluasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Agneis Novirieka Harahap Universitas Muhammadiyah Malang
  • Romelah Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i1.4

Keywords:

Upaya, Hasil belajar, Evaluasi

Abstract

Guru sebagai pendidik mengandung arti yang sangat luas, tidak sebatas memberikan bahan pengajaran akan tetapi mengaandung etika dan estetika dalam menghadapi kehidupan di masyarakat. Sebagai pengajar, guru hendaknya memiliki rencana pengajaran yang cukup matang, perencanaan tersebut sangat erat kaitannya dengan berbagai unsur seperti tujuan dan bahan pengajaran, kegiatan dan metode belajar, serta evaluasi hasil belajar siswa. Upaya guru mengevaluasi hasil belajar siswa yang sesuai dengan landasan teori yang ada merupakan penelitian yang lakukan di SDIT Cendekia Taka Tanjung Selor Bulungan Kalimantan Utara . Evaluasi pada pembelajaran itu mestinya memperhatikan tiga ranah dalam mengevaluasi yang terutama aspek afektif dan psikomotorik. Dari hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mencari solusi tentang bagaimana upaya guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa , dan apa faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran melalui evaluasi peserta didik pada mata pelejaran PAI tergolong kurang optimal dilihat dari beberapa aspek ditentukan,serta faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam meningkatkan pebelajaran melalui hasil evaluasi ialah faktor intern dan ekstren. Maka dari itu penting untuk memahami aspek evaluasi pada pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2022-08-06

How to Cite

Harahap, A. N., & Romelah, R. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Melalui Hasil Evaluasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i1.4