Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.791Keywords:
Supervisi Pendidikan; Kualitas Pembelajaran; Era Digital.Abstract
Salah satu strategi untuk meningkatkan standar pengajaran di sekolah dasar adalah supervisi pembelajaran. Di era digital ini, pengawasan pendidikan juga harus mengikuti pesatnya kemajuan teknologi. Untuk menerapkan supervisi, berbagai prosedur digunakan dalam konteks pemecahan masalah dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi guru. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan standar pendidikan di Indonesia, yang hingga tulisan ini dibuat belum mencapai tingkat yang diharapkan, atau bahkan jauh dari harapan. Tujuan supervisi adalah untuk menunjang pendidikan guru dengan membina perkembangan pengetahuan peserta didik tentang ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik supervisi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa Supervisi Pendidikan mempunyai pengaruh terhadap mutu pendidikan. Artikel ini menggunakan metodologi studi literatur. Artikel ini akan membahas peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan standar pengajaran di era digital.
References
Chollisni, A., Syahrani, S., Dewi, S., Utama, A. S., & Anas, M. (2022). concept of creative economy development-strengthening post COVID-19 pandemic in Indonesia. Linguistics and Culture Review, 6, 413–426. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6ns1 .2065
Fatimah, H., & Syahrani. (2022). Leadership Strategies In Overcoming Educational Problems. Indonesian Journal of Education (INJOE, 2(3), 282–290.
Fitri, A., & Syahrani. (2021). Kajian Delapan Standar Nasional Penelitian Yang Harus Dicapai Perguruan Tinggi. Adiba: Journal Of Education, 1(1), 88– 96. https://adisampublisher.org/index.php/a diba/article/view/45
Fitria, E., & Yudhawati, D. (2018). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Berbasis Token Economyuntuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa Tunarungu. PROSIDING SEMINAR NASIONAL Strategi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Disrupsi, 77–87.
Halimatu, S., & Syahrani. (2022) Pengembangan Standar Isi Dan Standar Proses Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah. Cross-Border, 5(1), 622–632.
Helda, & Syahrani. (2022). National Standards of Education in Contents Standards and Education Process Standards in Indonesia. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 257–269. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.3
Hidayah, A., & Syahrani, S. (2022). Internal Quality Assurance System Of Education In Financing Standards and Assessment Standards. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 291–300. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35
Ma’ayis, S., & Syahidul Haq, M. (2022). Implementasi model supervisi akademik berbasis digital. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(1), 142–155.
Mahlopi. (2022). Supervisi Pendidikan Era Teknologi 5.0. Adiba: Journal of Education, 2(1), 133–141. https://adisampublisher.org/index.php/a diba/article/view/79
Nasution, I., Pramudya, A., Tanjung, A., Oktapia, D., Nisa, K., Azzahrah, N., & Nurdahyanti. (2023). Supervisi Pendidikan Era Society 5 . 0. Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2).
Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. In CV Jejak (Vol. 5, Issue 1).
Rofiki, M. (2019). Urgensi Supervisi Akademik dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Industri 4.0. Indonesian Journal Pf Basic Education, 2(3), 502–514.
Saleh, K. (2020). Penerapan Teknik Pengawasan Akademik Di Sekolah Dasar Menghadapi Era Digital. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), 18–21.
Satria, R., & Mustiningsih. (2019). Supervisor in Era Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 382(Icet), 596–601. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.147
Sururuddin, M., & Dkk. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA?: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/di dika/article/view/3848
Syahrani, Fidzi, R., & Khairuddin, A. (2022). Model Pendidikan Nilai-Nilai Keikhlasan Bagi Santri Al-Madaniyah Jaro dan Santri Anwaha Marindi Kabupaten Tabalong. Jurnal Pendidikan Dan Islam Kontemporer, 3(June), 19–26.
Yanti, H., & Syahrani. (2021). Standar Bagi Pendidik Dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Adiba: Journal of Education, 1(1), 61–68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jenneffree Jacqueline, Dety Mulyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.