Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Digital

Authors

  • Jenneffree Jacqueline Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Sangga Buana Bandung
  • Dety Mulyanti Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Sangga Buana Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.791

Keywords:

Supervisi Pendidikan; Kualitas Pembelajaran; Era Digital.

Abstract

Salah satu strategi untuk meningkatkan standar pengajaran di sekolah dasar adalah supervisi pembelajaran. Di era digital ini, pengawasan pendidikan juga harus mengikuti pesatnya kemajuan teknologi. Untuk menerapkan supervisi, berbagai prosedur digunakan dalam konteks pemecahan masalah dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi guru. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan standar pendidikan di Indonesia, yang hingga tulisan ini dibuat belum mencapai tingkat yang diharapkan, atau bahkan jauh dari harapan. Tujuan supervisi adalah untuk menunjang pendidikan guru dengan membina perkembangan pengetahuan peserta didik tentang ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik supervisi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa Supervisi Pendidikan mempunyai pengaruh terhadap mutu pendidikan. Artikel ini menggunakan metodologi studi literatur. Artikel ini akan membahas peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan standar pengajaran di era digital.

References

Chollisni, A., Syahrani, S., Dewi, S., Utama, A. S., & Anas, M. (2022). concept of creative economy development-strengthening post COVID-19 pandemic in Indonesia. Linguistics and Culture Review, 6, 413–426. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6ns1 .2065

Fatimah, H., & Syahrani. (2022). Leadership Strategies In Overcoming Educational Problems. Indonesian Journal of Education (INJOE, 2(3), 282–290.

Fitri, A., & Syahrani. (2021). Kajian Delapan Standar Nasional Penelitian Yang Harus Dicapai Perguruan Tinggi. Adiba: Journal Of Education, 1(1), 88– 96. https://adisampublisher.org/index.php/a diba/article/view/45

Fitria, E., & Yudhawati, D. (2018). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Berbasis Token Economyuntuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa Tunarungu. PROSIDING SEMINAR NASIONAL Strategi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Disrupsi, 77–87.

Halimatu, S., & Syahrani. (2022) Pengembangan Standar Isi Dan Standar Proses Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah. Cross-Border, 5(1), 622–632.

Helda, & Syahrani. (2022). National Standards of Education in Contents Standards and Education Process Standards in Indonesia. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 257–269. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.3

Hidayah, A., & Syahrani, S. (2022). Internal Quality Assurance System Of Education In Financing Standards and Assessment Standards. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 291–300. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35

Ma’ayis, S., & Syahidul Haq, M. (2022). Implementasi model supervisi akademik berbasis digital. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(1), 142–155.

Mahlopi. (2022). Supervisi Pendidikan Era Teknologi 5.0. Adiba: Journal of Education, 2(1), 133–141. https://adisampublisher.org/index.php/a diba/article/view/79

Nasution, I., Pramudya, A., Tanjung, A., Oktapia, D., Nisa, K., Azzahrah, N., & Nurdahyanti. (2023). Supervisi Pendidikan Era Society 5 . 0. Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2).

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. In CV Jejak (Vol. 5, Issue 1).

Rofiki, M. (2019). Urgensi Supervisi Akademik dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Industri 4.0. Indonesian Journal Pf Basic Education, 2(3), 502–514.

Saleh, K. (2020). Penerapan Teknik Pengawasan Akademik Di Sekolah Dasar Menghadapi Era Digital. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), 18–21.

Satria, R., & Mustiningsih. (2019). Supervisor in Era Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 382(Icet), 596–601. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.147

Sururuddin, M., & Dkk. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA?: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/di dika/article/view/3848

Syahrani, Fidzi, R., & Khairuddin, A. (2022). Model Pendidikan Nilai-Nilai Keikhlasan Bagi Santri Al-Madaniyah Jaro dan Santri Anwaha Marindi Kabupaten Tabalong. Jurnal Pendidikan Dan Islam Kontemporer, 3(June), 19–26.

Yanti, H., & Syahrani. (2021). Standar Bagi Pendidik Dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Adiba: Journal of Education, 1(1), 61–68.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Jacqueline, J., & Mulyanti, D. . (2024). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Digital. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(7), 2385–2389. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.791