Manajemen Program Kelas Unggulan di SMP Laboratorium Percontohan UPI
Keywords:
manajemen, kelas unggulan, upiAbstract
Artikel ini mendeskripsikan tentang manajemen program kelas unggulan di SMP Laboratorium Percontohan UPI yang memainkan peran penting dalam peningkatan mutu, efisiensi dan efektifitas, dan relevansi pendidikan. Kelas unggulan di SMP Laboratorium Percontohan UPI menawarkan kesempatan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan akademik dan bakat khusus untuk memaksimalkan potensi mereka. Fungsi manajemen program dilaksanakan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Implikasi manajemen program kelas unggulan di SMP Laboratorium UPI dapat meningkatkan reputasi sekolah, menarik buat orang tua dan peserta didik yang berprestasi.
References
Angelina, J. M., & Karwanto. (2021). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(01).
Anggal, N., Yuda, Y., & Amon, L. (2020). Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. CV. Gunawana Lestari.
Harahap, K., Sukma, D., & Lubis, S. A. (2022). PERANAN MANAJEMEN INOVASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI PENDIDIKAN DI SALAH SATU SEKOLAH SMP SWASTA KOTA TEBING TINGGI. IKAMAS: Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi, 2(1), 82–90.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301. 1–31.
Clark, T. (2013). Gifted Education: The State of the Art. New York: Routledge.
Guskey, T. R. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Ibrahim Bafadal, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar (Jakarta: Bumi Aksara, 2012), 42.
Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009),71.
Rusman. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013.
Kompri. Manajemen Pendidikan (Komponen-Komponen Elementer Sekolah). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.
Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya, 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohammad Ikhsanul Hakim, Dety Mulyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.