Manajemen Program Kelas Unggulan di SMP Laboratorium Percontohan UPI

Authors

  • Mohammad Ikhsanul Hakim Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Sangga Buana
  • Dety Mulyanti Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Sangga Buana

Keywords:

manajemen, kelas unggulan, upi

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang manajemen program kelas unggulan di SMP Laboratorium Percontohan UPI yang memainkan peran penting dalam peningkatan mutu, efisiensi dan efektifitas, dan relevansi pendidikan. Kelas unggulan di SMP Laboratorium Percontohan UPI menawarkan kesempatan kepada  peserta didik yang memiliki kemampuan akademik dan bakat khusus untuk memaksimalkan potensi mereka. Fungsi manajemen program dilaksanakan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Implikasi manajemen program kelas unggulan di SMP Laboratorium UPI dapat meningkatkan reputasi sekolah, menarik buat orang tua dan peserta didik yang berprestasi.

References

Angelina, J. M., & Karwanto. (2021). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(01).

Anggal, N., Yuda, Y., & Amon, L. (2020). Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. CV. Gunawana Lestari.

Harahap, K., Sukma, D., & Lubis, S. A. (2022). PERANAN MANAJEMEN INOVASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI PENDIDIKAN DI SALAH SATU SEKOLAH SMP SWASTA KOTA TEBING TINGGI. IKAMAS: Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi, 2(1), 82–90.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301. 1–31.

Clark, T. (2013). Gifted Education: The State of the Art. New York: Routledge.

Guskey, T. R. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Ibrahim Bafadal, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar (Jakarta: Bumi Aksara, 2012), 42.

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009),71.

Rusman. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013.

Kompri. Manajemen Pendidikan (Komponen-Komponen Elementer Sekolah). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya, 2002.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Hakim, M. I., & Mulyanti, D. . (2024). Manajemen Program Kelas Unggulan di SMP Laboratorium Percontohan UPI. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(6), 1081–1088. Retrieved from https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/743