Motif Penggunaan Twitter @Ohmybeautybank Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kecantikan

Authors

  • Thifal Prameswari Tuffahati Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Mulawarman
  • Silviana Purwanti Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Mulawarman
  • Jaka Farih Agustian Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Mulawarman
  • Kadek Dristiana Dwivayani Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.770

Keywords:

Teori Uses and Gratification, Media Sosial, Twitter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami motif penggunaan Twitter @ohmybeautybank terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kecantikan dengan menggunakan analisis teori Uses and Gratification yang diperkenalkan oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz pada tahun 1974. Teori ini berpusat pada khalayak karena khalayaklah yang aktif mencari dan menentukan media mana yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Adapun kebutuhan  individual yang dipuaskan media menurut Katz, Gurevitch, dan Haas yaitu kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan pelepasan ketegangan. Subjek pada penelitian ini adalah remaja akhir berusia 18-22 tahun mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi pada tiga narasumber yang merupakan followers dari akun Twitter @ohmybeautybank. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa motif menggunakan akun @ohmybeautybank didorong oleh kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, dan pelepasan ketegangan. Sedangkan kebutuhan integrasi sosial tidak menjadi salah satu motif utama pengguna memperkuat hubungan dengan orang lain dalam menjalankan peran sebagai makhluk sosial.

References

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana.

Fauziyah, N., & Dewi, A. O. P. (2023). Pengalaman Informasi Followers Autobase Twitter@ Ohmybeautybank Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Seputar Kecantikan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 12(1), 17–34.

Ginting, C. B., & Nasionalita, K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Online Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi ( Survei Pada Followers Akun Instagram @ Medantalk ) The Effect Of Using Online Media On The Fulfillment Of Information Need ( Survey On Instagram Account Follower ’ S. 8(5).

Izzati, N. (2015). Motif Penggunaan Gadget Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Di Kalangan Mahasiswa Uin Sunan.

Khairiyah, W., & Marlini. (2022). Pemanfaatan Google Scholar Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Penelitian Mahasiswa Prodi Perpustakaan Dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang. Nautical?: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 1058–1072.

Nisa, B. R. F., & Rahmasari, D. (2019). Hubungan Antara Harga Diri Dan Kesejahteraan Subjektif Dengan Citra Tubuh Pada Perempuan Yang Melakukan Perawatan Di Klinik Kecantikan. Jurnal Penelitian Psikologi, 6(4), 1–8.

Noella, A., Rizal, E., & Anwar, R. K. (2023). Motif Generasi Z Menggunakan Akun Twitter @Ohmybeautybank Sebagai Media Informasi Kecantikan. Nautical?: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 52–56.

Nurhadi, Z. F. (2020). Youtube Sebagai Media Informasi Kecantikan Generasi Millenial. Commed?: Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(2), 170–190.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Telkom, U. (2016). Pengaruh Media Komunikasi Intranet Terhadap Pemenuhan Barat Dan Banten The Influence Of Intranet Communication Media Toward Needs Fulfilment Of Employee Informations Pt . Pln ( Persero ). 3(2), 1018–1024.

West, R., & Turner, L. H. (2010). Introducing Communication Theory: Analysis And Application. In Journal Of Applied Communications (Fourth Edi, Vol. 102, Issue 3). Mcgraw-Hill.

Yulius, A. P. (2010). Microblogging Paling Populer. Yogyakarta: Mediakom.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Tuffahati, T. P., Purwanti, S. ., Agustian, J. F. ., & Dwivayani, K. D. . (2024). Motif Penggunaan Twitter @Ohmybeautybank Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kecantikan. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(7), 2352–2357. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.770