Motif Penggunaan Twitter @Ohmybeautybank Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kecantikan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.770Keywords:
Teori Uses and Gratification, Media Sosial, TwitterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami motif penggunaan Twitter @ohmybeautybank terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kecantikan dengan menggunakan analisis teori Uses and Gratification yang diperkenalkan oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz pada tahun 1974. Teori ini berpusat pada khalayak karena khalayaklah yang aktif mencari dan menentukan media mana yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Adapun kebutuhan individual yang dipuaskan media menurut Katz, Gurevitch, dan Haas yaitu kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan pelepasan ketegangan. Subjek pada penelitian ini adalah remaja akhir berusia 18-22 tahun mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi pada tiga narasumber yang merupakan followers dari akun Twitter @ohmybeautybank. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa motif menggunakan akun @ohmybeautybank didorong oleh kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, dan pelepasan ketegangan. Sedangkan kebutuhan integrasi sosial tidak menjadi salah satu motif utama pengguna memperkuat hubungan dengan orang lain dalam menjalankan peran sebagai makhluk sosial.
References
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana.
Fauziyah, N., & Dewi, A. O. P. (2023). Pengalaman Informasi Followers Autobase Twitter@ Ohmybeautybank Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Seputar Kecantikan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 12(1), 17–34.
Ginting, C. B., & Nasionalita, K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Online Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi ( Survei Pada Followers Akun Instagram @ Medantalk ) The Effect Of Using Online Media On The Fulfillment Of Information Need ( Survey On Instagram Account Follower ’ S. 8(5).
Izzati, N. (2015). Motif Penggunaan Gadget Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Di Kalangan Mahasiswa Uin Sunan.
Khairiyah, W., & Marlini. (2022). Pemanfaatan Google Scholar Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Penelitian Mahasiswa Prodi Perpustakaan Dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang. Nautical?: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 1058–1072.
Nisa, B. R. F., & Rahmasari, D. (2019). Hubungan Antara Harga Diri Dan Kesejahteraan Subjektif Dengan Citra Tubuh Pada Perempuan Yang Melakukan Perawatan Di Klinik Kecantikan. Jurnal Penelitian Psikologi, 6(4), 1–8.
Noella, A., Rizal, E., & Anwar, R. K. (2023). Motif Generasi Z Menggunakan Akun Twitter @Ohmybeautybank Sebagai Media Informasi Kecantikan. Nautical?: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 52–56.
Nurhadi, Z. F. (2020). Youtube Sebagai Media Informasi Kecantikan Generasi Millenial. Commed?: Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(2), 170–190.
Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.
Telkom, U. (2016). Pengaruh Media Komunikasi Intranet Terhadap Pemenuhan Barat Dan Banten The Influence Of Intranet Communication Media Toward Needs Fulfilment Of Employee Informations Pt . Pln ( Persero ). 3(2), 1018–1024.
West, R., & Turner, L. H. (2010). Introducing Communication Theory: Analysis And Application. In Journal Of Applied Communications (Fourth Edi, Vol. 102, Issue 3). Mcgraw-Hill.
Yulius, A. P. (2010). Microblogging Paling Populer. Yogyakarta: Mediakom.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Thifal Prameswari Tuffahati, Silviana Purwanti, Jaka Farih Agustian, Kadek Dristiana Dwivayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.