Strategi Komunikasi Podcast dalam Meningkatkan Eksistensi (Studi pada Konten #Tongkrongangenz Podcast Ancur)
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i6.758Keywords:
Strategi Komunikasi, Media Baru, PodcastAbstract
Perkembanagan teknologi yang semkain pesat memegang peranan dalam komunikasi jaman sekarang, sehingga memuncukan media baru, podcast merupakan suatu konten dalam audio broadcast di media baru internet, podcast Ancur mempunyai konten tentang anak muda yang berjudul #TongkronganGenZ, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang di gunakan konten #TongkronganGenZ pada Podcast Ancur dalam mempertahankan Eksistensinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskritif dengan pengumpulan data yang di lakukan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. penelitian ini menggunakan aspek strategi komunikasi yaitu pengenalan khalayak, penyusunan pesan, menetapkan metode, penetapan media. Hasil penelitian strategi komunikasi yang dilakukan dalam mempertahankan eksistensi oleh konten #TongkronganGenZ adalah konten yang berkualitas, kemudahan dalam mendengarkan, dan mendapatkan pendengar loyal
References
Danuri, Muhamad. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).
Imarshan, Idham. (2021). Popularitas podcast sebagai pilihan sumber informasi bagi masyarakat sejak pandemi covid-19. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(2), 213–221.
Mardhiyyah, Millatul. (2023). Konvergensi Media (Analisis Transformasi Media konvensional dalam Perspektif Ekonomi Kritis). An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 15(2), 129–144.
Radika, Mochamad Irfan. (2020). Strategi Komunikasi Podcast Dalam Mempertahankan Pendengar:(Studikasus dalam Podcast Do You See What I See). Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 96–106.
Rosana, Anita Septiani. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, 5(2), 144–156.
Zellatifanny, Cut Medika. (2020). Tren Diseminasi Konten Audio on Demand melalui Podcast: Sebuah Peluang dan Tantangan di Indonesia Trends in Disseminating Audio on Demand Content through Podcast: An Opportunity and Challenge in Indonesia. Jurnal Pekommas, 5(2), 117–132.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Pemuda Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik
Bayu, D. J. (2021). Anak Muda Dominasi Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia | Databoks.
Berry, R. (2016). Podcasting: Considering the evolution of the medium and its association with the word ‘radio. 14(1), 7–22.
Effendy, O. U (2000). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. In Komunikasi dalam sebuah organisasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. BANDUNG: Remaja Rosdakarya.
Fadli, H. R. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Mr.Creampuff Sebagai Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan. 4(2), 1–15.
Fajar, M. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Flew, T., & Smith, R. K. (2018). New Media: An Introduction. Oxford University Press.
Meisyanti, & Woro Harkandi Kencana. (2020). Platform Digital Siaran Suara Berbasis On Demand ( Studi Deskriptif Podcast Di Indonesia ). 4(2), 191–207.
Moleong, L. J., & Surjaman, T. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya.
Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relation & Media Komunikasi?: konsepsi dan aplikasi (12th ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rudi Adi Pradana, Silviana Purwanti, Kadek Dristiana Dwivayani, Jaka Farih Agustian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.