Strategi Komunikasi Podcast dalam Meningkatkan Eksistensi (Studi pada Konten #Tongkrongangenz Podcast Ancur)

Authors

  • Rudi Adi Pradana Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Mulawarman
  • Silviana Purwanti Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Mulawarman
  • Kadek Dristiana Dwivayani Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Mulawarman
  • Jaka Farih Agustian Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i6.758

Keywords:

Strategi Komunikasi, Media Baru, Podcast

Abstract

Perkembanagan teknologi yang semkain pesat memegang peranan dalam komunikasi jaman sekarang, sehingga memuncukan media baru, podcast merupakan suatu konten dalam audio broadcast di media baru internet, podcast Ancur mempunyai konten tentang anak muda yang berjudul #TongkronganGenZ, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang di gunakan konten #TongkronganGenZ pada Podcast Ancur dalam mempertahankan Eksistensinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskritif dengan pengumpulan data yang di lakukan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. penelitian ini menggunakan aspek strategi komunikasi yaitu pengenalan khalayak, penyusunan pesan, menetapkan metode, penetapan media. Hasil penelitian strategi komunikasi yang dilakukan dalam mempertahankan eksistensi oleh konten #TongkronganGenZ adalah konten yang berkualitas, kemudahan dalam mendengarkan, dan mendapatkan pendengar loyal

References

Danuri, Muhamad. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).

Imarshan, Idham. (2021). Popularitas podcast sebagai pilihan sumber informasi bagi masyarakat sejak pandemi covid-19. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(2), 213–221.

Mardhiyyah, Millatul. (2023). Konvergensi Media (Analisis Transformasi Media konvensional dalam Perspektif Ekonomi Kritis). An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 15(2), 129–144.

Radika, Mochamad Irfan. (2020). Strategi Komunikasi Podcast Dalam Mempertahankan Pendengar:(Studikasus dalam Podcast Do You See What I See). Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 96–106.

Rosana, Anita Septiani. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, 5(2), 144–156.

Zellatifanny, Cut Medika. (2020). Tren Diseminasi Konten Audio on Demand melalui Podcast: Sebuah Peluang dan Tantangan di Indonesia Trends in Disseminating Audio on Demand Content through Podcast: An Opportunity and Challenge in Indonesia. Jurnal Pekommas, 5(2), 117–132.

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Pemuda Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik

Bayu, D. J. (2021). Anak Muda Dominasi Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia | Databoks.

Berry, R. (2016). Podcasting: Considering the evolution of the medium and its association with the word ‘radio. 14(1), 7–22.

Effendy, O. U (2000). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. In Komunikasi dalam sebuah organisasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. BANDUNG: Remaja Rosdakarya.

Fadli, H. R. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Mr.Creampuff Sebagai Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan. 4(2), 1–15.

Fajar, M. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Flew, T., & Smith, R. K. (2018). New Media: An Introduction. Oxford University Press.

Meisyanti, & Woro Harkandi Kencana. (2020). Platform Digital Siaran Suara Berbasis On Demand ( Studi Deskriptif Podcast Di Indonesia ). 4(2), 191–207.

Moleong, L. J., & Surjaman, T. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya.

Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relation & Media Komunikasi?: konsepsi dan aplikasi (12th ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Pradana, R. A., Purwanti, S. ., Dwivayani, K. D. ., & Agustian, J. F. . (2024). Strategi Komunikasi Podcast dalam Meningkatkan Eksistensi (Studi pada Konten #Tongkrongangenz Podcast Ancur). Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(6), 2022–2029. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i6.758