Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Big Book Kelas III MI Miftahul Ulum II Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.769Keywords:
Media Big Book, kemampuan membaca pemahamanAbstract
Kegiatan membaca memegang peranan penting dalam kehidupan terutama dalam pendidikan. Dunia pendidikan tidak lepas dari kegiatan membaca. Untuk menindentifikasi masalah – masalah yang ada dalam penelitian ini , permasalahan masih rendahnya kemampuan ,minat dan memahami teks bacaan, guru belum menggunakan media yang menarik, siswa masih kurang lancar dan memahami teks bacaan. Tujuan mengetahui penerapan penggunaan media Big Book untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, mengetahui apakah media Big Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum II Karangampel Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode penelian PTK desain kemmis dan mc taggart. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi proses menggunakan media Big Book dan soal tes untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa. Pada siklus I mendapatkan hasil persentase dari proses pembelajaran menggunakan media Big Book sebesar 69,37% dan pada siklus II mendapatkan hasil sebesar 84,37%. Pada kemampuan membaca pemahaman siswa ada siklus I mendapatkan persentase 67% dan pada siklus II mendapatkan persentase sebesar 81%. Pencapaian ini telah melebihi indicator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 75%.
References
Ambarita, R.S.,Wulan, N.S.,& Wahyudin, D.(2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336-2344.
A.M, Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. (2008). Penelitian tindak kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Fitriana. 2016. Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Big Book Pada Siswa Kelas IIIB SD Negeri Jageran Sewon, Bantul, Yagyakarta. Skripsi. FIP, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta.
Handayani, A. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Konkret (Benda Asli) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 MIS DDI Cendana Hijau Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hardjodipuro. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: IKIP Jakarta.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, Ardy. 2014. Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate Bagi Siswa Kelas V SD 01 Tawangmangu Tahun 2013/2014. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Lesi M., dkk. (2022) upaya peningkatan kemampuan membaca pemahaman menggunakan media sukuraga di sekolah dasar
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syamsiah D., Syamsiah D. and Riangtati, Andi Dewi and Usman, Hikmawati (2020) Pemanfaatan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri Gunung Sari II Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10 (1). pp. 65-72. ISSN 2088-2092, 2548-6721
Warsilah, D.I. (2020, NOVEMBER ) pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan membaca, In Prosiding Seminar Nasional PENDIDIKAN ( VOL. 2 , pp 167-174)
Yova, Cahya Furi (2020) Penerapan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I B SD Negeri 4 Waylaga Panjang Bandar Lampung. Undergraduate Thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hodijah Hodijah, Wawan Setia Wardani, Asrizal Wahdan Wilsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.