Pengaruh Model SSCS Berbasis Pendekatan Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SD IT Al-Ishlah Sudimampir

Authors

  • Siti Komala Sari Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama Indramayu
  • Ririn Andriani Kumala Dewi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama Indramayu
  • Khoimatun Khoimatun Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.768

Keywords:

Model Pembelajaran SSCS, Pendekatan Lingkungan, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Keterampilan proses sains siswa dalam proses pembelajaran masih kurang terlatih, penggunaan model pembelajaran yang jarang dilakukan menjadi faktor kurangnya minat dan terstimulusnya keterampilan proses sains siswa dalam belajar, oleh karena itu sudah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan pengaruh model SSCS berbasis pendekatan lingkungan terhadap keterampilan proses sains pada materi manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar di SD IT Al-Ishlah Sudimampir.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan atau pengaruh terhadap model pembelajaran SSCS berbasis pendekatan lingkungan terhadap keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pretest dan Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD IT Al-Ishlah Sudimampir Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan menggunakan teknik random sampling ditetapkan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa. data penelitian dikumpulkan melalui tes tulis. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan independent samples t-tes, diperoleh data Sig<a, yaitu 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS berbasis pendekatan lingkungan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV terbukti bahwa respon siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran SSCS berbasis pendekatan lingkungan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan khazanah baru dalam keilmuan, serta memmberikan manfaat kepada para pembaca terutama dalam pemilihan media yang cocok dalam proses pembelajaran.

References

Afrizon, R., Ratnawati & Fauzi, A. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas Ix Mtsn Model Padang Pada Mata Pelajaran Ipa-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1)1-16. Doi: https://doi.org/10.24036/jppf.v1i1.598

Anggriamurti, Ranty Adytia. (2009). Pembelajaran Transformasi dengan Pendekatan Konstruktivis Untuk Meningkatkan Penalaran Logis Siswa Ke4las XII SMA BPI 2 Bandung. Vol 1, No 1. Doi:

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran Cetakan Kedepan, Jakarta: Rosda Karya.

Assidiqi, H. (2015). Membentuk Karakter peserta Didik melalui model pembelajaran SSCS. Jurnal Pendidikan Matematika. Doi: http://doi.org/10.33654/math.v1i1.94

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar – Ruzz Media.

Budiningsih, C., Asri, (2005). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Barliana, lily. 2006. Mengajar dengan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Chen, W. H. 2013. Applying Problem-Based Learning Model and Creative Design to Conic-Section Teaching. International Journal of Education and Information Technologies., Vol. 3, No.3, 73–74. Doi: http://doi.org/10.1016/j.edurev.2013.12.001

Dari, R. W., & Nasih, N. R. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Praktikum Menggunakan E-Modul. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(2), 12-21. Doi: https://doi.org/ 10.23971/eds.v8i2.1626.

Deli, Maida, (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share (SSCS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP 13 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(1)71-78. Doi: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v4i1.2725

Djabidi Faizal, (2016). Manajemen Pengelolaan Kelas. Malang: Madani.

Febriyanti, D., Ilyasa, S., dan Nurmaliah, C (2014). Peningkatan Keterampilan Generic Sains Melalui Penerapan Model Sscs Pada Materi Mengklasifikasikan Makhluk Hidup Di Mts Model Banda Aceh. Vol. 2 No 1. Doi: http://doi.org/10.21107/nser.v2i1.5569

Hake, R. R. (1999). Analizing change/gain secors. Dept. of phisics Indiana university. Di unduh dari http://www.dhisics.indiana.edu tanggal 21-9-2011

Hatari, N dan Widiyatmoko A, and Parmin, Keefektifan Model Pembelajaran SSCS Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Unnes Science Education Journal 5, 29 (2016) 1240–1247. Doi: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Hasanah dan Utami. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa, 56-64. 5(2)56-64 Doi : https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.56-64

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: prestasi Pustaka raya publisher.

Intansari, Silvia. (2017). Pengaruh media kunci determinasi terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi hewan kelas XMIPA SMA negeri 1 sindang tahun 2016/2017.

Jain, J., Lim, B. K., & Abdullah, N. (2013). Pre-service Teacher’ Conceptions of The Nature of Science. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 90, 203-210. Doi: http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.07.083

Khusnin. (2008). Pembelajaran Dengan Pendekatan Lingkungan. Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran. Doi : http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v1i1.36

Maghfiroh N, Susilo H, Gofur A. (2016). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri Sidoarji. Jurnal Pendidikan 1(8), 1588 – 1593. Doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6673

Mulyono, M., & Lestari, D. I. 2016. The Analysis Of Mathematical Literacy And Self-Efficacy Of Students In Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Learning With A Contextual Approach. Proceeding of ICMSE., Vol. 3, No.1, 159-164.

Nurussaniah, Rtisianawati E, Sari N.I, (2017). Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains Calon Guru Fisika, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6 (2): 233 - 240. Doi: https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v612.1891

Nurjanah & Cahyana, U. (2021). Pengaruh Penerapan Online Project Based Learning Dan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPA Di SD Nasional 1 Kota Bekasi. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 51-58. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1. a3161.

Oemar, H. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Oemar, H. (1985). Mengajar asas metode Teknik jilid II. Bandung: CV. Pustaka 2007. Jakarta: Bumi Antariksa.

Pizzini, E.L. (1991). SCSS Implementation Handbook Useful Problem Solving. Lowa City: The University Of Lowa.

Perdaningsari, A. P., & Kristanto, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Sains Anak Kelompok A Taman Kanak-kanak ABA. PAUD Teratai, 3(3): 3.

Purwo, Bambang Kaswanti. (1989). Pertemuan Linguistik Lembaga Bahasa Atma Jaya. Jakarta: Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya.

Rahayu, D. Kusumah, Y dan Dahrim (2018). Improving The Basic Skills Of Teaching Mathematics Through Learning With SSCS Strategy. Phisics:Conference Series.

Rosidah, Ani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas 3 (2). Doi: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.593

Rosidah A., & Putri T.G. (2020). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran SSCS”. 2(56-60).

Rustaman, Y. Nuryani. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UN PRESS.

Samatowa Usman. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Soemarwoto, O. (1998). Ekologi lingkungan hidup dan pembangunan. Jakarta: Djambatan.

Suharsimi Arikunto. (2018). Dasar-dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suherdiyato., Mawardi, P., Anggela, R,. 2016. Pembelajaran Luar Kelas (Out Door Study) dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Kakap. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial., Vol. 3, No. 1, 139-140. Doi: http://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.273

Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.

Sundayana, Rostina. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. PT Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Suparno, P. (2001). Filsafat Kontruktivisme dalam Pendidikan. Yogjakarta: Kanisius.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugeng Triwahyudi, Fatria Dewi, and Afrida (2017), Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajran Search, Solve, Create and Share Dan Pengarunya Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Bentuk Molekul Kelas X MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi,? Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi, vol. 9 no 1. Doi: https://doi.org/10.22437/jisic.v9i1.5073

Sukitno, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung

Tohirin,Win. (2006). Psikologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta : Raga Grafindo Perdasa.

Tawil M dan Liliasari, (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM 37-38.

Triwahyudi, S, Dewi, F, dan Afrida (2017). Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran SSCS Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Bentuk Molekul Kelas X MIA SMA Negri 11 Kota Jambi. Universitas Jambi. Vol. 9 No 1. Doi: http://doi.org/10.22437/jisic.v9i1.5073

Uno, Hamzah. B. (2008). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, P. (2013). Teori Konstruktivisme Dan Teori Sosiokultular. TESOL

Utami, R.P (2011). Pengaruh model SSCS dan problem based learning terhadap peserta belajar dan kreativitas peserta didik. Vol. 4 No 2. Doi: http://doi.org/10.20961/bioedukasi.uns.v4i2.3996

Wati W dan Novianti. (2016). Pengembangan Rubrik Asemen Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 05(1) 131- 140. Doi: http://10.24042/jpifalbiruni.v5i1.113

Wibowo. B (2016). Pembelajaran fisika menggunakan model SSCS ditinjau dari motivasi belajar dan tingkat berfikir. Jurnal Pendidikan IPA. 5 (51) Doi: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v5i3.9442

Widada, Wahyu. 2016. Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia., Vol. 1, No. 2, 163-164.Doi: http://doi.org/10.33369/jpmr.v1i2.4007

Yatnikasari, S., Asnan, M. N., & Zulkarnain, I. (2021). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dengan Menerapkan Model Pembelajaran InSTAD pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1),264-273. https://doi.org/10.30653/002. 202161.661.

Yulianti, Y dan Lestari, I. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 5 (1). Doi : http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1200

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Sari, S. K., Dewi, R. A. K. ., & Khoimatun, K. (2024). Pengaruh Model SSCS Berbasis Pendekatan Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SD IT Al-Ishlah Sudimampir. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(7), 2128–2137. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.768