Analisis Perkembangan Kemandirian Keuangan Daerah Kabupaten Mamuju Tahun Anggaran 2013-2023
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.767Keywords:
Keuangan Daerah; Kemandirian Keuangan; PAD; Pendapatan TransferAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemandirian keuangan pada Pemerintah Kabupaten Mamuju dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini mengunakan data Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tahun 2013 – 2023. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan menganalisis perkembangan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Mamuju dari Tahun 2013 sampai dengan Tahun 2023 serta kontribusi perolehan PAD terhadap Pendapatan Daerah, selanjutnya analisis perkembangan perolehan Pendapatan Transfer Kabupaten Mamuju serta proporsi perolehannya terhadap Pendapatan Daerah dari Tahun 2013 sampai dengan Tahun 2023 guna mengetahui tingkat ketergantungan terhadap dana dari pemerintahan lain (pusat maupun provinsi), kemudian melakukan penghitungan nilai Indeks Kemandirian Fiskal dan mengklasifikasikan hasil perhitungan. Kemandirian keuangan Pemerintah Kabupaten Mamuju dalam 10 tahun terakhir yaitu 2013-2023 termasuk dalam klasifikasi “Belum Mandiri” dengan rata-rata nilai sebesar 0,0705. Analisis atas tren IKF, terdapat fluktuasi nilai IKF pada Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju, namun dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, tren menunjukan peningkatan atau positif. Faktor-faktor yang menjadi penghambat kemandirian keuangan daerah pada Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju adalah kurangnya perolehan nilai Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta tingginya tingkat ketergantungan pendapatan transfer.
References
Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (2020). Laporan Hasil Reviu Atas Kemandirian Fiskal Daerah Tahun Anggaran 2018 dan 2019. Jakarta: Badan Pemeriksa Keuangan RI.
Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (2011, Oktober 12). Pemerintah Daerah. Kabupaten Mamuju. Diakses dari https://sulbar.bpk.go.id/kabupaten-mamuju-2/
BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. (2014). Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tahun Anggaran 2013. Mamuju: BPK RI.
BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. (2015). Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tahun Anggaran 2014. Mamuju: BPK RI.
BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. (2016). Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tahun Anggaran 2015. Mamuju: BPK RI.
BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. (2017). Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tahun Anggaran 2016. Mamuju: BPK RI.
BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. (2018). Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tahun Anggaran 2017. Mamuju: BPK RI.
BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. (2019). Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tahun Anggaran 2018. Mamuju: BPK RI.
BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. (2020). Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tahun Anggaran 2019. Mamuju: BPK RI.
BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. (2021). Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tahun Anggaran 2020. Mamuju: BPK RI.
BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. (2022). Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tahun Anggaran 2021. Mamuju: BPK RI.
BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. (2023). Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tahun Anggaran 2022. Mamuju: BPK RI.
BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat (2024). Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tahun Anggaran 2023. Mamuju: BPK RI.
Halim, A. (2001). Bunga rampai: Manajemen Keuangan Daerah. Edisi Pertama.Yogyakarta: UPP UMP YKPN.
Halim, A. (2004). Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Halim, A. (2007). Akuntansi Sektor Publik : Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Selemba Empat.
Handoko, Aldo Leo & Handoyo, Sarwo Edy. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan, Biaya Keagenan, dan Tata Kelola Terhadap Kemungkinan Financial Distress. Universitas Tarumanaga:Jurnal Manajerial dan Kewirahusahaan, 3(2), 287-297.
Herdiansyah, Haris. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika.
Hunter, J. S. (1977). Federalism and fiscal balance: a comparative study. Canberra: Australian Nasional University Press for Research on Federal Fiscal.
Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Pemerintah Di Daerah. Sekretariat Negara. Jakarta.
Indonesia. (1999). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sekretariat Negara. Jakarta.
Indonesia. (2004). Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Sekretariat Negara: Jakarta.
Indonesia. (2022). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Sekretariat Negara. Jakarta.
Kuningan, B. K. (2023, Februari 23). Artikel. Mengenal APBD Lebih Dekat Pendapatan Asli Daerah. Diakses dari https://bpkad.kuningankab.go.id/detail/mengenal-apbd-lebih-dekat-pendapatan-daerah
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Taufick, A. (2016). Analisis Pengaruh Tingkat Kemandirian Fiskal dan Belanja Modal Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2009-2013. Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dessy Fitrahtul Hanif, Sarwo Edy Handoyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.