Peran Pengembangan Profesionalisme Guru Pai Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp Muhammadiyah 50 Medan

Authors

  • Ervina Rahma Safira Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Siti Maharani Pohan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Syahrani Maha Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Nur Paraswati Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Nurhayati Nurhayati Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Yuliana Yuliana Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.487

Keywords:

Mutu Pendididkan, Aspek keprofesian, Pendidikan Agama Islam, Profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pendidikan mempunyai peran penting dan modal dasar untuk pembangunan bangsa. Maka, diperlukan usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang bermutu  salah satunya adalah melalui pengembangan guru yang professional dalam menjalani amanahnya sebagai pengajar dan pendidik dalam mentra0nsfer ilmu dan membentuk karakter peserta didiknya menjadi akhlak yang mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan pengembangan profesionalisme guru pai dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunaan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik observasi/pengamatan untuk menganalisis cara-cara guru mengajar dan melakukan pencatatan mengenai objek yang sedang diamati secara langsung di sekolah smp muhammadiyah 50 medan.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Rahma Safira, E., Maharani Pohan, S., Maha, S., Paraswati, N., Nurhayati, N., & Yuliana, Y. (2023). Peran Pengembangan Profesionalisme Guru Pai Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp Muhammadiyah 50 Medan. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(8), 1365–1371. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.487