Analisis Audit Operasional dalam Mempertinggi Efisiensi Biaya Operasi (Studi Kasus pada Pt Perusahaan Listrik Negara (Persero) Atau Pln)

Authors

  • Fia Afrida Putri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Cris Kuntadi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Maidani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.194

Keywords:

Audit operasional, Biaya operasi, PT Perusahaan Listrik Negara

Abstract

Salah satu cara manajemen untuk dapat mengendalikan perusahaan lebih baik yaitu dengan cara mengendalikan biaya operasi se-efisien dan se-efektif mungkit agar biaya operasional tersebut tepat pada sasaran. Dengan audit operasional dapat mengetahui suatu proses yang sistematis untuk menilai efektivitas, efisiensi operasi dibawah pengendalian intern dan melaporkan kepada pihak manajemen dengan rekomendasi untuk perbaikan. Audit operasional pada PT PLN (Persero), dilaksanakan dengan menyusun rencana/langkah kerja berdasarkan tujuan dan sasaran yang ditetapkan. Rencana/langkah kerja tersebut dikenal dengan istilah program kerja audit/audit program. Ruang lingkup audit harus jelas sehingga dapat dengan mudah dipahami. Ruang lingkup bisa Sebagian atau secara keseluruhan dari pelaksanaan kinerja audit operasional. Audit operasional ini bertujuan dalam membantu aktivitas manajemen dalam perusahaan dengan cara mengungkapkan kekurangan dan ketidakberesan serta memberikan rekomendasi atas permasalahan agar pencapaian dari tujuan perusahaan dapat tercapai.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Afrida Putri, F. ., Kuntadi , C. ., & Maidani , M. . . (2023). Analisis Audit Operasional dalam Mempertinggi Efisiensi Biaya Operasi (Studi Kasus pada Pt Perusahaan Listrik Negara (Persero) Atau Pln). Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(1), 141–146. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.194

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>