Exit Strategy Community Development Program Csr Pt. Petrochina Internasional Jabung Ltd

Authors

  • Maksudi Maksudi Universitas Trisakti
  • Maria R. Nindita Radyati Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.91

Keywords:

: pelibatan pemangku kepentingan dalam perencanaan, pelatihan, pendampingan secara intensif

Abstract

Isu sosial- ekonomi dan rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IKM) merupakan masalah yang harus diselesaikan bersama-sama oleh berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta masing-masing harus mempunyai peranan untuk menyelesaikan hal tersebut. Terdapat berbagai cara untuk menyelesaikan permasalahan social- ekonomi dan rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IKM), salah satunya melalui program pengembangan masyarakat dengan cara melatih dan mendampingi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga terjadi peningkatan pengetahuan dan kemandirian masyarakat. Dalam proses pelaksanaan program pengembangan masyarakat sangat dibutuhkan sebuah perencanaan yang baik selalu merencanakan exit strategy sebelum kegiatan dilakukan agar dalam proses pelaksanaan kegiatan tidak bias dan terjadi kemandirian pada masyarakat setelah program berakhir, sehingga masyarakat tidak bergantung pada perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program community development pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dilakukan oleh PT. PetroChina Internasional Jabung Ltd, merencanakan exit strategy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisa hasil temuan berdasarkan in-depth interview terhadap pemangku kepentingan yang terlibat dalam program dan juga penerima manfaat dengan mempertimbangkan berbagai perspektif dan kepentingan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program community development yang dilakukan merencanakan exit strategy diawal program dalam perencanaan nya melibatkan pemerintah daerah dan para pelaku usaha, dengan exit strategy pembentukan koperasi di 2 (dua) Kabupaten yaitu koperasi srikandi sukses bersama yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan koperasi mekar jaya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, hal ini memberikan dampak positif bagi keberlanjutan program yang dilakukan oleh  PT. Petrochina Internasional Jabung Ltd, serta kolaborasi yang dilakukan dengan banyak pihak membuat program ini berjalan berkembang setelah berakhir masa program.

Penelitian ini hanya menganalisa kegiatan community development PT. Petrochina Internasional Jabung Ltd, dalam perencanaan exit strategy pogram yang dilaksanakan pada tahun 2015-2017. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat dilakukan penelitian pada koperasi sebagai exit strategy program CSR baik di PT. Petrochina Internasional Jabung Ltd atau perusahaan lainnya.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Maksudi, M., & Nindita Radyati, M. R. . (2022). Exit Strategy Community Development Program Csr Pt. Petrochina Internasional Jabung Ltd. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(4), 628–637. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.91