Strategi Pemasaran Produk Kur Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Pt Pegadaian Syariah Unit Bone

Authors

  • Rusnadia Rusnadia Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone 2024
  • Kamiruddin Kamiruddin Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone
  • Rini Idayanti Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.828

Keywords:

Pemasaran, KUR Syaraiah, Pegadaian.

Abstract

Salah satu KUR yang banyak di minati masyarakat yakni KUR Syariah pada Pegadaian. KUR Syariah Pegadaian merupakan fasilitas pinjaman yang di berikan oleh PT. Pegadaian kepada nasabah yang memiliki usaha produktif untuk digunakan sebagai dana pengembangan usahanya. Limit nominal pinjaman yakni hingga Rp 10 juta dengan jangka waktu yang dapat dipilih mulai dari 12 hingga 36 bulan. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan melalui produk KUR Syariah pegadaian faktor penghambat pemasaran oleh PT Pegadaian Syariah Unit Bone untuk meningkatkan pendapatan melalui produk KUR Syariah pegadaian serta efektivitas strategi pemasaran produk KUR Syariah dalam meningkatkan pendapatan PT Pegadaian Syariah Unit Bone. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa strategi pemasaran produk KUR Syariah Pegadaian di Cabang unit Bone terbukti melalui beberapa aspek yakni upaya menyediakan informasi yang jelas dan mudah dipahami memperkuat kepercayaan konsumen terhadap produk dan memastikan keterlibatan mereka, menjangkau target pasar yang tepat memaksimalkan penggunaan sumber daya, meningkatkan konversi prospek menjadi pelanggan, dan memperkuat hubungan perusahaan dengan audiens yang tepat serta memberikan edukasi mengenai produk KUR Syariah mengurangi ketidakpastian calon nasabah, meningkatkan kepercayaan terhadap produk, dan mendorong pengambilan keputusan finansial yang cerdas sesuai dengan nilai-nilai Syariah. Faktor penghambat pemasaran PT Pegadaian Syariah Unit Bone dalam meningkatkan pendapatan melalui produk KUR Syariah meliputi kurangnya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, persaingan dengan lembaga keuangan lain, keterbatasan sumber daya manusia, serta perubahan regulasi pemerintah. Strategi pemasaran produk KUR syariah pegadaian efektif meningkatkan pendapatan PT Pegadaian Syariah Unit Bone. Hal ini dilihat dari hasil analisis SWOT diatas diperoleh bahwa di dalam matriks IFAS menunjukkan faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 3,47. Hal ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran produk KUR Syariah dalam upaya meningkatkan pendapatan PT Pegadaian Syariah Unit Bone berada pada posisi internal yang begitu kuat. Selanjutnya, didalam matriks EFAS menunjukkan bahwa faktor peluang dan ancaman memiliki total skor 3,14. Hal ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran produk KUR syariah dalam upaya meningkatkan pendapatan PT Pegadaian Syariah Unit Bone dapat merespon peluang yang ada dengan cara menghindari ancaman.

References

Azizah, M. S. (2019). Strategi Pemasaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Di Bank Rakyat Indonesia Syariah Kcp Demak. Skripsi.

Rohmah, L. A. (2022). Analisa Strategi Pemasaran Kredit Usaha Rakyat Mikro Terhadap Nasabah UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun Siswondo Parman). Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Warda, A. A. (2021). STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DI BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH (BRIS) KCP MOJOSARI (STUDI KASUS FORCE MAJEURE PANDEMI COVID-19). Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

Ali Hasan. Marketing Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia, 2002.

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Freddy Rangkuty. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2014.

Hery dan Widyawati Lekok. Akuntansi Keuangan Menengah. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Husain Umar. Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Press, 2010.

Ismail Solihin. Manajemen Strategik. Bandung: Erlangga, 2012.

Kasah Rolas Pasaribu. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Kredit Usaha Rakyat Pada PT Bank Sumut KCP Simalingkar”. Jurnal Konferensi Nasional Sosial dan Engineering Politeknik, Vol. 1No. 1, 2022.

Kasah Rolas Pasaribu. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Kredit Usaha Rakyat Pada PT Bank Sumut KCP Simalingkar”. Jurnal Konferensi Nasional Sosial dan Engineering Politeknik, Vol. 1, No. 1, 2022.

Kasmir. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Kuswarno, Engkus. Metedologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi; Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian. Bandung: Widya Padjajaran. 2010.

M. L Jhingan. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Padang: PT. Raja Grafindo. 2003.

M. Tohar. Membuka Usaha Kecil dan Menengah. Yogyakarta: Kanisius, 2001.

Muhammad Syafi’i Antonio. Bank Syari’ah: Teori dan Praktik. Jakarta: Gema Insani Press, 2001.

Muhammad Teguh. Metodologi Penelitian Ekonomi: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Munir Fuady. Hukum Perbankan Modern. Bandung: Citra Aditya Bakti, 1999.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 135/PMK.05/2008 tentang Fasilitas Penjaminan Kredit Usaha Rakyat

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2001 tentang Perubahan Bentuk Perusahaan Umum Pegadaian (PERUM) menjadi Perseroan Terbatas (Persero)

R. David Fred. Manajemen Strategik. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Sedarmayanti. Manajemen Strategi. Bandung: PT Refika Aditama, 2014.

Sinta Widia Ningsih. “Strategi Bauran Pemasaran Produk Kredit Usaha Rakyat terhadap Minat Nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Suniaraja”. Journal of Economics and Business, 6(1), 2022.

Supomo. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: BPFE, 2010.

Tedjo Tripomo dan Udan. Manajemen Strategi. Rekayasa Sains, Bandung, 2005.

Thomas Suyatno. Dasar-dasar Perkreditan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Rusnadia, R., Kamiruddin, K., & Idayanti, R. . (2024). Strategi Pemasaran Produk Kur Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Pt Pegadaian Syariah Unit Bone. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(8), 4018–4031. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.828