Pengalaman Karyawan Pariwisata Selama Menjalani Pandemi Covid-19

Authors

  • Maxmilliane Ivan Kresna Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • Komang Rahayu Indrawati Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.827

Keywords:

Covid-19; karyawan pariwisata; makna; pengalaman

Abstract

Meskipun pandemi perlahan mulai reda dan masyarakat sudah pulih, namun dinamika yang terjadi di masyarakat selama pandemi penting untuk dibahas secara lebih lanjut. Terjadinya Covid-19 memberikan dampak besar terhadap sektor pariwisata Bali, terlebih terhadap para karyawan di bidang tersebut. Adapun penelitian ini dilaksanakan untuk memahami dan memotret sudut pandang pengalaman psikologis karyawan yang menjalankan hidupnya selama pandemic Covid-19. Partisipan pada penelitian ini adalah tiga orang karyawan pariwisata      yang memiliki jabatan berbeda pada karyawanannya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan desain descriptive phenomenological analysis dikarenakan bertujuan untuk memberikan arti pada gambaran pengalaman yang diberikan oleh partisipan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengalaman yang dimiliki oleh karyawan pariwisata dalam memaknai pandemi Covid-19 adalah pandemi sebagai sarana pengembangan diri, pandemi meningkatkan nilai spiritualitas dan religiusitas, dan keluarga merupakan prioritas utama selama pandemi. Penelitian ini berimplikasi pengalaman selama menjalani Covid-19 dimaknai serupa oleh para partisipan, sekalipun partisipan tersebut memiliki situasi yang berbeda-beda.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Kresna, M. I., & Indrawati, K. R. . (2024). Pengalaman Karyawan Pariwisata Selama Menjalani Pandemi Covid-19. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(8), 4049–4058. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.827