Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Perencanaan Karier Peserta Didik di SMP Negeri 1 Depok Jawa Barat

Authors

  • Habiburrahman Habiburrahman Magister Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Dasar & Menengah Islam Program Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.819

Keywords:

Bimbingan Konseling, Perencanaan Karier.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan urgensi/pentingnya perencanaan karier bagi peserta didik, Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan karier peserta didik, dan Analisis fungsi bimbingan konseling dalam meningkatkan perencanaan karier peserta didik di SMP Negeri 1 Depok. Penelitian ini menggunakan data deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah dilakukan dengan satu orang guru bimbingan konseling dan lima orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Urgensi/pentingnya perencanaan karier bagi peserta bahwa perencanaan karier menjadi sangat penting.  Bimbingan karier yang diberikan untuk menentukan tujuan menyeleksi hal-hal yang akan dilakukan di masa depan. Perencanaan karier dapat menumbuhkan kembangkan pemahaman serta mengajarkan kepada peserta didik untuk mengetahui setiap bakat dan minat yang dimiliki, berani mengambil keputusan dengan tepat, serta dapat menyelesaikan permasalahan dengan baik dan benar. Kedua, Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan karier  ditemukan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perencanaan karier pada peserta didik. Meliputi antara lain: 1) faktor orang tua, 2) faktor teman-teman sebaya, 3) pengaruh pengetahuan, 4) adanya perubahan karier. Ketiga, analisis fungsi bimbingan konseling dalam menumbuhkan perencanaan karier peserta didik dapat ditemukan fungsi bimbingan konseling dalam perencanaan karier memiliki fungsi yang signifikan. Hal ini dilihat bahwa peserta didik dapat menumbuhkan atas pemahaman karier setelah belajar lulus dari SMP mengetahui minat, bakat, kemampuan serta perkembangan bagi setiap karier peserta didik.

References

Aini, Z. (2022). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pemberian Layanan Bimbingan Karir Kepada SIswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. UIN Ar-Raniry.

Hanif, A. (2022). Penerapan Bimbingan Karier Dalam Merencanakan Karier Siswa Di SMP Negeri I Muara Tiga. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Irmayanti, R. (2019). Perencanaan Karier Pada Peserta Didik SMP. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 3(1), 1–6.

Lestari, E. (2021). Upaya Pendidik Dalam Menumbuhkan Aktualisasi Diri Peserta Didik Tk Mardisiwi Di Masa Pandemi Covid 19. Mentari: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Lubis, S., Ziliwu, T. K., Rusli, N. B., & Dewi, R. S. (2024). PERAN TEORI KOGNITIF DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS BERPIKIR KRITIS. Jurnal Kreativitas Pendidikan Modern, 6(3).

Marhamah, C. (2020). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir Dan Perencanaan Karir Siswa Dalam Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Di SMA Negeri 1 Kutacane. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Maryati, M. (2019). Pengembangan E-Modul Android Appyet Berbasis Kearifan Lokal Lampung Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Peserta Didik Kelas X Ditingkat Sma. UIN Raden Intan Lampung.

Nuriana, I. (2020). Pengaruh Self Efficacy, Minat, Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Remaja Memilih Program Studi Di Perguruan Tinggi.

Rambe, R. (2018). Layanan bimbingan karir dalam meningkatkan perencanaan karir siswa kelas xi mia 3 di madrasah aliyah negeri 3 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Syahputri, A. (2020). PENGARUH LAYANAN INFORMASI STUDI LANJUT TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2018/2019. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 47–53.

Syarif, M., Yuline, Y., & Wicaksono, L. (2021). KESULITAN PERENCANAAN KARIR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SIANTAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(8).

Thoibah, A. (2022). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA, EFIKASI DIRI DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 22 SURABAYA. Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

WIWIK, A. (2022). PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK MAN 1 OKU TIMUR. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Ain, Inarotul, dan Ahmad Zain Sarnoto. “Pendekatan Inklusif Manajemen Karier Persfektif Al-quran." Pendekatan Inklusif Manajemen Karier peserta Didik Perspektif Al-Qu’an,” dalam Jurnal AL-WASITHOH: Ilmu Agama Islam. Bol. 04, No. 1, Tahun 2023.

Apriansyah, S. “Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Perencanaan Karier.” dalam Jurnal Psikopedagogia, Vol. 3, No. 2, Tahun 2014.

Atmaja. “Upaya Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa Melalui Bimbingan Karier dengan Penggunaan Media Modul.” dalam Jurnal Psikopedagogia. Vol. 3, No. 2, Tahun 2014.

Ayu’, Maria Ni Komang, dkk. “Pentingnya Perencanaan Karier Terhadap Pengambilan Keputusan Karier.” dalam Jurnal Psikostudia Psikologi. Vol.11, No. 3, Tahun 2022.

Andriyani, Juli. “Konsep Konseling Individual dalam Proses Penyelesaian Perselisihan Keluarga.” dalam Jurnal At-Taujih. Vol. 01, No.1, Tahun 2018.

Anwar, Zainul, M. Ghassani, dan Ni’matuzahroh. “Meningkatkan Kematangan Karier Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karier.” dalam Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), Vol. 12 No. 2 Tahun 2018.

D, Damayan, dan Widyowati, A. “Peningkatan Career Decision Making Self Efficacy (DCMSE) Melalui Pelatihan Perencanaan Karier SMK,” dalam Jurnal HUMANITAS, Vol. 15, No. 1, Tahun 2018.

Hamdi, Abdul Karim. “Manajemen Pengelolaan Bimbingan Pranikah Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah, Mawaddah, wa Rahmah,” dalam Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam. Vol. 1, No. 2, Tahun 2019.

Haq dan Farida. “Orientasi Karier pada Siswa SMP: Pilihan Jurusan dan Gambaran Pekerjaan di Masa Depan.” dalam Jurnal Psikologi. Vol. 08, No. 1, Tahun 2019.

I, Santosa, E, dan Himam, F. “Pengaruh Berbagi Pengetahuan Perencanaan Karier Terhadap Efektivitas Diri dalam Membuat Keputusan Karier.” dalam Jurnal Intervensi Psikologi. Vol. 6, No. 1, Tahun 2014.

Komara, I. B. “Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karier Siswa.” 2016 dalam Jurnal PSIKOPEDAGOGIA. Vol. 5, No. 1, Tahun 2016.

M, Ghassani, dkk. “Meningkatkan Kematangan Karier SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karier.” dalam Jurnal Inter. Vol. 12, No. 2, Tahun 2020.

Muslima. Penerapan Bimbingan Karier Terhadap Minat Siswa Sekolah lanjutan. Vol. 2, No. 2, Tahun 2019.

Medisa, Dena, Mamat Supriatna, Ipah Sarifah. Program Bimbingan Karier dalam Mengembangkan Perencanaan Karier Siswa. Vol. 4, No. 3, Tahun 2022.

Nurmasari. “Peranan penting Perencanaan dan Pengembangan Karier.” dalam Jurnal PUBLIKA. Vol. 01, No. 1, Tahun 2015.

Putri, Novia Duwema. Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Perencanaan Karier Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Jarai Melalui Media Pohon Karier. Vol. 2, N0. 2, Tahun 2019.

Santosa, E. I. dan Himam, F. “Pengaruh Berbagi Pengetahuan Perencanaan Karier Terhadap Efektivitas Diri dalam Membuat Keputusan Karier.” dalam Jurnal Intervensi Psikologi. Vol. 6, No. 1, Tahun 2014.

Trisnowati. E. “Program Bimbingan Karier Untuk Meningkatkan Orientasi Karier Remaja,” Vol. 3 No. 1 Tahun 2016.

Widyastuti dan Pratiwi. “Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Pemantapan Pengambilan Keputusan Karier Siswa.” dalam Jurnal BK UNESA. Vol. 03, No. 1, Tahun 2013.

Yustiana, Yusi Riksa, Wulan Ayu Lestari dan Ahman. “Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan Konseling Sebagai Upaya Menghadapi Tantangan Era evolusi 4.0, “dalam Jurnal JUBIKOPS: Bimbingan Konseling dan Psikologi.Vol. 03 No. 1 Tahun 2023.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Habiburrahman, H. (2024). Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Perencanaan Karier Peserta Didik di SMP Negeri 1 Depok Jawa Barat. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(8), 4115–4129. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.819