Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsite Canva Pada Mata Pembelajaran IPAS Harmoni dalam Ekosistem Kelas V SD

Authors

  • Sonia Rizka Safitri Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Qorrik Nur Hidayah Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Dede Kaswaraningsih Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.812

Keywords:

Pengembangan, Microsite, Canva, IPAS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemanfaat media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Guru masih belum menggunakan media pembelajaran yang interaktif hanya menggunakan buku paket yang isinya materi saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Microsite pada mata pelajaran IPAS untuk materi Harmoni dalam Ekosistem kelas V SD. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Kelima tahapan tersebut akan dilakukan analisis melalui analisis materi, bahasa dan media yang akan divalidator oleh Kepala Sekolah SD N Tegaldowo yaitu Ibu Riri…..Praktikalitas yang dilakukan dengan membagikan angket kepada guru dan siswa untuk melihat respon yang diberikan, sedangkan untuk efektifitas dilakukan dengan membagikan soal kepada siswa untuk menguji kemampuan belajarnya dengan media pembelajaran microsite. Hasil dari pengembangan media pembelajaran microsite ini dinyatakan Sangat Valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validator media dengan rata-rata 83% masuk dalam kategori Sangat Valid dengan hasil praktikalitas dengan rata-rata 87%  dikategorikan Sangat Praktis dan untuk efektifitas dengan rata-rata 87% dan dikategorikan Sangat Efektif. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa media pembelajran Microsite yang sudah dibuat dan dikembangkan sudah Sangat Valid, Praktis dan Efektif digunakan oleh guru saat kegiatan pembelajaran.

References

Maisarah, & Yusnita, N. S. (2024). Development of Canva Multimedia-Assisted Interactive Learning Videos in Grade IV Science Lessons in Elementary Schools. Madako Elementary School, 3(1), 1–14.

Mulyana, A. 2020. Penelitian Pengembangan (Research And Development) Pengertian, Tujuan dan Langkah-Langkah R&D

Nunu Mahnun. (2020). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Creative Education, 11(03), 262–274.

Yulis Suwandi. (2015). Peningkatan hasil Belajar IPA tentang Ekosistem Melalui Metode. 93–102.

Putri fadilah, dkk.(2022).Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Berbasis Masalah Pada Tema ekosistem Kelas V SD.8(1)

Barus rani.(2024).PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060938 KECAMATAN MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2023/2024.8

Aryono, R. 2022. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Tema 2 Subtema 1 Kelas V SDN 14 Mataram. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Dwiqi, S. S. 2020. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal EDUTCH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(35).

Shoffan, S. 2021. Perkembangan Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Jawa Timur: AGRAPANA MEDIA.

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. lantanida journal, 4(1), 35.

Wiryani, P. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Canva pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Edufortech, 6(1).

Rosyada, D. (2023). Pengembangan media interaktif berbasis S.id berbantuan canva pada pembelajaran materi siklus air kelas V siswa sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(2), 355-361

Nurfalah, E., & Rahayu, P. (2023). Microsite-Based Mathematical Statistics Educational Media to Increase Student Study Motivation after the Covid-19 Pandemic. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 7(1), 67-74.

Adi, B. P. S., Atiqoh, A., & Karyono, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite pada Pembelajaran Pemesanan dan Penghitungan Tarif Penerbangan SMK Usaha Perjalanan Wisata. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 7(4), 652-663.

Paramitha, M., Fadllah, S., & Sari, M. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal BIOEDUIN, 13(2), 58-68.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web articulate storyline pada pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237-253.

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Model Addie Berbasis Canva Microsite Pada Mata Pembelajaran IPAS Harmoni dalam Ekosistem Kelas V SD

Desstya, A., & Razzaq, A. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 90-99.

Rahmaniah, N., Marini, A., & Azmi, A. N. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Inovasi Pembelajaran Mahasiswa Pgmi Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Di Era Kurikulum Merdeka. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(1), 133.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Safitri, S. R., Hidayah, Q. N. ., & Kaswaraningsih, D. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsite Canva Pada Mata Pembelajaran IPAS Harmoni dalam Ekosistem Kelas V SD. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(8), 3489–3498. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.812