Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Mutiara Islami Plus
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.809Keywords:
Pengaruh; Problem Based Learning; matematikaAbstract
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi statistika. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest design. Penelitian dilakukan dengan cara observasi langsung didalam kelas dengan memberikan pretest diawal pembelajaran kepada 30 siswa kelas VII dan pemberian posttest diakhir pembelajaran. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa peneliti menggunakan model pembelajaran problem based learning. Pada awal pembelajaran nilai rata-rata dari pretest adalah 59,80. Setelah penerapan model pembelajaran problem based learning dan diberikan posttest maka didapatkan nilai rata-rata pada posttest adalah 77,03. Metode pengumpulan data yang digunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan uji deskripsi statistik pretest dan posttest, uji normalitas dan Uji Paired sample T-Test menggunakan SPSS. Uji normalitas data untuk mengetahui data berdistribusi normal. Diketahui dari uji normalitas, nilai signifikasi pada nilai pretest adalah 0,200 dan nilai signifikasi pada niali posttest adalah 0,069 lebih besar dari 0,05 yang menunjukan bahwa nilai residu menyatakan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan pada nilai uji paired sample t-test dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000, artinya nilai paired sample t-test lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi statistika di SMP Mutiara Islami Plus sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran problem based learning.
References
Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1978–1986.
Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254.
Khoiriyah, S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL E-DuMath, 4(2), 30–35.
Kolmos, A. (2003). Characteristics of problem-based learning. International Journal of Mechanical Engineering Education, 19(5), 657–662.
Maulida, A. (2023). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 128–141.
Rezky, M. P., Sutarto, J., Prihatin, T., Yulianto, A., & Haidar, I. (2019). Generasi milenial yang siap menghadapi era revolusi digital (society 5.0 dan revolusi industri 4.0) di bidang pendidikan melalui pengembangan sumber daya manusia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 1117–1125.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Agustin, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajran Problem Based Learning Terhadap hasil belajar PKN Siswa. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol. 2 No. 2:158-165.
Andi Yunarni, (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Journal mosharafa. Vol.7 No.1
Aniswita, dkk. (2021). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMPN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020. Journal for in Mathematics Learning. Vol. 4 No.1, 063-068.
Budi Setyani, (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SDN Sari 1 Kelas V Kecamatan Gajah Kabupaten Demak.
Desi, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 2 No.3:169-176
Graaff, E & Anette, K. (2003). Characteristics of Problem Based Learning. Internasional Journal. Engng, 19 (5), 34-47.
Murtono. 2017. Merancang dan Mengelola Model-Model Pembelajaran Inovatif (Student Center Learning) Ponorogo: WADE Group.
Riska, dkk. (2021). Pengaruh model pembelajaran Projeck Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Journal Basicedu, Vol. 5 No.3, ISSN 2580-1147.
Saenal, (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tondong Tallasa, Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Pangkep.
Sofyan, H., & Komariah, K (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260.http://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275.
Suci, dkk. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinggi. Journal of Multidicsiplinary Research and Development. Vol 2, Issue 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan Ratna Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.