Analisis Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Konsumen di Restoran Kembang Goela

Authors

  • Bella Febiolla Candra Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.793

Keywords:

Kesadaran Merek; Minat Beli Konsumen; Pengenalan Merek; Puncak Pikiran

Abstract

Meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen sangat penting bagi Restoran Kembang Goela karena hal ini sangat mempengaruhi niat mereka untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak berbagai elemen Kesadaran Merek, yaitu Tidak Sadar Akan Merek, Pengenalan Merek, Pengingat Kembali, dan Puncak Pikiran, terhadap Minat Beli Konsumen. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif, menggunakan teknik pengambilan sampel non-probabilitas dengan purposive sampling pada 100 responden, dan dianalisis menggunakan SPSS Versi 27. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Kesadaran Merek (X) secara parsial mempengaruhi Minat Beli Konsumen (Y). Menurut uji regresi linear sederhana, terdapat peningkatan sebesar 0,506 kali untuk setiap kenaikan 1% dalam variabel Kesadaran Merek (X). Temuan analisis menunjukkan bahwa Kesadaran Merek secara signifikan mempengaruhi Minat Beli Konsumen sebesar 43,7%, sedangkan 56,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel independen lain yang tidak diteliti. Terdapat pengaruh yang signifikan dari Kesadaran Merek terhadap Minat Beli Konsumen, seperti yang ditunjukkan oleh hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang menandakan pengaruh positif secara simultan.

References

Abdillah, W., & Herawati, A. (2019). pengaruh bauran pemasaran (7p) terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih sekolah berbasis entrepreneur (studi pada sma muhammadiyah 9 surabaya). jurnal ilmiah administrasi bisnis dan inovasi, 2(2), 309–325. https://doi.org/10.25139/jai.v2i2.1338

Aprian, Anggriani, I., & Gayatri, I. A. M. E. M. (2020). pengaruh lokasi , ketersediaan produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada toko air nipis tani bengkulu selatan. jurnal ekonomi manajemen akuntansi dan keuangan, 3(1), 8–19.

Aulia, R., & Zakir, A. (2019). pemanfaatan teknologi mobile untuk pemesanan dan pemrosesan menu di restaurant. jurnal teknologi dan ilmu komputer prima, 1(april 2018), 58–65.

Dilasari, E. M., Yosita, G., & Sanjaya, V. F. (2022a). pengaruh cita rasa dan promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen kopi janji jiwa bandar lampung. revenue: jurnal manajemen bisnis islam, 3(1), 25–42. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.10448

Dilasari, E. M., Yosita, G., & Sanjaya, V. F. (2022b). pengaruh cita rasa dan promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen kopi janji jiwa bandar lampung. revenue: jurnal manajemen bisnis islam, 3(1), 25–42. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.10448

Jeanita Tjaya, S., & Iskandar, H. (2023). analisis pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian di rumah makan saung ibu tangerang. jurnal ilmiah global education, 4(4), 2371–2379.

Kambali, I., & Syarifah, A. (2020). pengaruh harga terhadap keputusan pembelian ( studi kasus di billionaire store bandung ). jurnal bisnis dan pemasaran, 10(1), 1–8.

Mawardi, A., & A.R., H. (2021). pengaruh pelayanan digital dan pelayanan konvensional terhadap kepuasan nasabah bank sumsel babel cabang prabumulih. jurnal nasional manajemen pemasaran & sdm, 2(3), 126–137. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.364

Merici Kurnia Nette, A., & Sofiani. (2023). analisis brand awareness terhadap keputusan pembelian pada restoran harris suites. jurnal ilmiah global education, 1420–1429.

Pagiling, O. F., Amir Jaya, & Johannes Baptista Halik. (2024). pengaruh kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen restoran mcdonald’s makassar. jemsi (jurnal ekonomi, manajemen, dan akuntansi), 10(1), 403–415. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.2011

Prasetyo, H. A., & Harsono, S. (2015). pengaruh kesadaran merek dan diskon harga terhadap niat pembelian dengan mediasi citra restoran seafood new javana di surabaya. journal of business and banking, 5(1), 13–32. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i1.377

Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap pemilihan suplemen kesehatan dalam menghadapi covid-19. jurnal kesehatan, 13(1), 65. https://doi.org/10.26630/jk.v13i1.2814

Putra, I. B. M., Artajaya, M., & Febrianto, I. G. A. (2023). peran dining experience terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan di restoran mywarung pererenan. jurnal gastronomi indonesia, 11(1), 44–52. https://doi.org/10.52352/jgi.v11i1.732

Rachmadanti, F., & Annisa, I. T. (2023). peran persepsi autentik pada niat pilihan merek rumah makan jepang: marugame udon. arthavidya jurnal ilmiah ekonomi, 25(2), 155–169.

Rumaidlany, D., Mariam, S., & Ramli, A. H. (2022). pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada mc donald’s di palmerah jakarta barat. jurnal lentera bisnis, 11(2), 102. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.567

Salsabiela, F. H., Listyorini, S., & Purbawati, D. (2022). pengaruh pemilihan brand ambassador dan brand awareness terhadap keputusan pembelian melalui minat beli konsumen kopi lain hati wonosobo. jurnal ilmu administrasi bisnis, 11(3), 504–513. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab

Sejahtri, J. T. (2022). strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada pemandian serayu lestari di kota samarinda. jurnal administrasi bisnis fisipol unmul, 10(3), 228. https://doi.org/10.54144/jadbis.v10i3.8607

Sutrisno, Reza Irwansyah, S., Rochmi, A., Setiawan Wibowo, T., & Utami Rahmawati, H. (2022). analysis of product quality, price and brand awareness on the purchase decision of coffee products at mccafe fast food restaurant. management studies and entrepreneurship journal, 3(6), 4121–4128. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Thejaya, I. (2019). pengaruh promosi penjualan dan brand awareness terhadap minat beli pada manna kopi. jurnal manajemen dan start-up bisnis, 4(3), 468–478.

Veronica, D. (2017). pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan(studi pada salondewidi kota jambi). stiemuhammadiyah jambi, 5(1), 55–69.

Willyanto, A., & Lego, Y. (2022). analisis pengaruh kesadaran merek, e-wom, dan harga yang dipersepsikan terhadap niat pembelian croffle dear butter. jurnal manajerial dan kewirausahaan, 04(02), 271–278.

Yacinta Rahardjo, C., Paserela, N., & Juliana. (2023). pengaruh e-wom dan brand awareness terhadap purchase intention di restoran nippon-kan jakarta pusat. ecodemica: jurnal ekonomi, manajemen dan bisnis, 7(1), 47–57. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemicawebsite:https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Candra, B. F. (2024). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Konsumen di Restoran Kembang Goela. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(7), 2409–2473. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.793