Analisis Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Konsumen di Restoran Kembang Goela
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.793Keywords:
Kesadaran Merek; Minat Beli Konsumen; Pengenalan Merek; Puncak PikiranAbstract
Meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen sangat penting bagi Restoran Kembang Goela karena hal ini sangat mempengaruhi niat mereka untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak berbagai elemen Kesadaran Merek, yaitu Tidak Sadar Akan Merek, Pengenalan Merek, Pengingat Kembali, dan Puncak Pikiran, terhadap Minat Beli Konsumen. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif, menggunakan teknik pengambilan sampel non-probabilitas dengan purposive sampling pada 100 responden, dan dianalisis menggunakan SPSS Versi 27. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Kesadaran Merek (X) secara parsial mempengaruhi Minat Beli Konsumen (Y). Menurut uji regresi linear sederhana, terdapat peningkatan sebesar 0,506 kali untuk setiap kenaikan 1% dalam variabel Kesadaran Merek (X). Temuan analisis menunjukkan bahwa Kesadaran Merek secara signifikan mempengaruhi Minat Beli Konsumen sebesar 43,7%, sedangkan 56,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel independen lain yang tidak diteliti. Terdapat pengaruh yang signifikan dari Kesadaran Merek terhadap Minat Beli Konsumen, seperti yang ditunjukkan oleh hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang menandakan pengaruh positif secara simultan.
References
Abdillah, W., & Herawati, A. (2019). pengaruh bauran pemasaran (7p) terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih sekolah berbasis entrepreneur (studi pada sma muhammadiyah 9 surabaya). jurnal ilmiah administrasi bisnis dan inovasi, 2(2), 309–325. https://doi.org/10.25139/jai.v2i2.1338
Aprian, Anggriani, I., & Gayatri, I. A. M. E. M. (2020). pengaruh lokasi , ketersediaan produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada toko air nipis tani bengkulu selatan. jurnal ekonomi manajemen akuntansi dan keuangan, 3(1), 8–19.
Aulia, R., & Zakir, A. (2019). pemanfaatan teknologi mobile untuk pemesanan dan pemrosesan menu di restaurant. jurnal teknologi dan ilmu komputer prima, 1(april 2018), 58–65.
Dilasari, E. M., Yosita, G., & Sanjaya, V. F. (2022a). pengaruh cita rasa dan promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen kopi janji jiwa bandar lampung. revenue: jurnal manajemen bisnis islam, 3(1), 25–42. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.10448
Dilasari, E. M., Yosita, G., & Sanjaya, V. F. (2022b). pengaruh cita rasa dan promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen kopi janji jiwa bandar lampung. revenue: jurnal manajemen bisnis islam, 3(1), 25–42. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.10448
Jeanita Tjaya, S., & Iskandar, H. (2023). analisis pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian di rumah makan saung ibu tangerang. jurnal ilmiah global education, 4(4), 2371–2379.
Kambali, I., & Syarifah, A. (2020). pengaruh harga terhadap keputusan pembelian ( studi kasus di billionaire store bandung ). jurnal bisnis dan pemasaran, 10(1), 1–8.
Mawardi, A., & A.R., H. (2021). pengaruh pelayanan digital dan pelayanan konvensional terhadap kepuasan nasabah bank sumsel babel cabang prabumulih. jurnal nasional manajemen pemasaran & sdm, 2(3), 126–137. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.364
Merici Kurnia Nette, A., & Sofiani. (2023). analisis brand awareness terhadap keputusan pembelian pada restoran harris suites. jurnal ilmiah global education, 1420–1429.
Pagiling, O. F., Amir Jaya, & Johannes Baptista Halik. (2024). pengaruh kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen restoran mcdonald’s makassar. jemsi (jurnal ekonomi, manajemen, dan akuntansi), 10(1), 403–415. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.2011
Prasetyo, H. A., & Harsono, S. (2015). pengaruh kesadaran merek dan diskon harga terhadap niat pembelian dengan mediasi citra restoran seafood new javana di surabaya. journal of business and banking, 5(1), 13–32. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i1.377
Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap pemilihan suplemen kesehatan dalam menghadapi covid-19. jurnal kesehatan, 13(1), 65. https://doi.org/10.26630/jk.v13i1.2814
Putra, I. B. M., Artajaya, M., & Febrianto, I. G. A. (2023). peran dining experience terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan di restoran mywarung pererenan. jurnal gastronomi indonesia, 11(1), 44–52. https://doi.org/10.52352/jgi.v11i1.732
Rachmadanti, F., & Annisa, I. T. (2023). peran persepsi autentik pada niat pilihan merek rumah makan jepang: marugame udon. arthavidya jurnal ilmiah ekonomi, 25(2), 155–169.
Rumaidlany, D., Mariam, S., & Ramli, A. H. (2022). pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada mc donald’s di palmerah jakarta barat. jurnal lentera bisnis, 11(2), 102. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.567
Salsabiela, F. H., Listyorini, S., & Purbawati, D. (2022). pengaruh pemilihan brand ambassador dan brand awareness terhadap keputusan pembelian melalui minat beli konsumen kopi lain hati wonosobo. jurnal ilmu administrasi bisnis, 11(3), 504–513. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Sejahtri, J. T. (2022). strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada pemandian serayu lestari di kota samarinda. jurnal administrasi bisnis fisipol unmul, 10(3), 228. https://doi.org/10.54144/jadbis.v10i3.8607
Sutrisno, Reza Irwansyah, S., Rochmi, A., Setiawan Wibowo, T., & Utami Rahmawati, H. (2022). analysis of product quality, price and brand awareness on the purchase decision of coffee products at mccafe fast food restaurant. management studies and entrepreneurship journal, 3(6), 4121–4128. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Thejaya, I. (2019). pengaruh promosi penjualan dan brand awareness terhadap minat beli pada manna kopi. jurnal manajemen dan start-up bisnis, 4(3), 468–478.
Veronica, D. (2017). pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan(studi pada salondewidi kota jambi). stiemuhammadiyah jambi, 5(1), 55–69.
Willyanto, A., & Lego, Y. (2022). analisis pengaruh kesadaran merek, e-wom, dan harga yang dipersepsikan terhadap niat pembelian croffle dear butter. jurnal manajerial dan kewirausahaan, 04(02), 271–278.
Yacinta Rahardjo, C., Paserela, N., & Juliana. (2023). pengaruh e-wom dan brand awareness terhadap purchase intention di restoran nippon-kan jakarta pusat. ecodemica: jurnal ekonomi, manajemen dan bisnis, 7(1), 47–57. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemicawebsite:https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bella Febiolla Candra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.