Analisa Pengaruh Dining Experience Terhadap Minat Kunjung Kembali di Lagoom Eatery Modernland

Authors

  • Juandion Dharma Putra Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.792

Keywords:

Dining Experience; Minat Kunjung Kembali; Kualitas Makanan; Kualitas Layanan; Lingkungan Fisik

Abstract

Lagoom Eatery Modernland di Kota Tangerang memerlukan Dining Experience yang positif untuk menarik pelanggan agar kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana Dining Experience, yang mencakup Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, dan Lingkungan Fisik, mempengaruhi Minat Kunjung Kembali di Lagoom Eatery Modernland. Selain itu, studi ini bertujuan untuk menentukan faktor mana— Kualitas Makanan, Kualitas layanan, atau Lingkungan Fisik—yang memiliki pengaruh paling signifikan terhadap Minat Kunjung Kembali. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non-probabilitas menggunakan purposive sampling pada 99 responden, dan menganalisis data menggunakan SPSS Versi 27. Hasil uji T menunjukkan bahwa Dining Experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Kunjung Kembali di Lagoom Eatery Modernland. Analisis mengungkapkan bahwa Dining Experience menyumbang 37,2% pengaruh terhadap Minat Kunjung Kembali, sementara 62,8% sisanya disebabkan oleh variabel lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini. Tingkat signifikansi 0,001 < 0,05 lebih lanjut mengkonfirmasi bahwa pengaruh Dining Experience terhadap Minat Berkunjung Kembali adalah positif dan simultan.

References

Andika, I. S., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Atribut Dining Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kebun Coklat Cafe & Resto Balongbendo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1069–1075. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36031

Badan Pusat Statistik Kota Tangerang. (2020). Jumlah Rumah Makan/Restoran Menurut Kecamatan di Kota Tangerang Tahun 2020, 14 Kecamatan. Badan Pusat Statistik Kota Tangerang. https://tangerangkota.bps.go.id/indicator/16/246/1/jumlah-rumah-makan-restoran-menurut-kecamatan-di-kota-tangerang.html

Cahyuni, W. E., & Ritonga, R. M. (2024). Analisis Pengaruh Servicescape Terhadap Revisit Intention di La Riviera Pantai Indah Kapuk 2. Jurnal Sosial Dan Sains, 4, 68–75.

Canny, I. (2014). Measuring the Mediating Role of Dining Experience Attributes on Customer Satisfaction and Its Impact on Behavioral Intentions of Casual Dining Restaurant in Jakarta. International Journal of Innovation, Management and Technology, 5(1). https://doi.org/10.7763/ijimt.2014.v5.480

Hutabarat, D. L., & Sukresna, I. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Lingkungan Fisik, Kualitas Makanan dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang dan Minat Word of Mouth (Studi Empiris pada Du Cafe Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 16(2), 55–65. https://doi.org/10.14710/jsmo.v16i2.39389

Maulidya, A., Saroh, S., & Zunaida, D. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Dan Marketing Mix Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Semusim Cafe Kota Malang). Jiagabi, 10(2), 205–212.

Meillycent, J., Oslan, S. J., & Aprilia, A. (2023). Pengaruh Dining Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rustic Market By the Lake Restoran Graha Natura Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 31–40. https://doi.org/10.9744/jmp.17.1.31-40

Mulyono, A. V., Septiano, B., & Aprilia, A. (2021). Pengaruh Dining Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Revisit Intention Di Restoran Korea Di Surabaya Pada Era New Normal. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(1), 20–31. https://doi.org/10.9744/jmp.7.1.20-31

Putri, A. D., Prabawani, B., & Widayanto, W. (2023). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Revisit Intention melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Coffee Shop Pijar: Studi pada Coffee Shop Pijar di Tembalang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 70–80. https://doi.org/10.14710/jiab.2023.36949

Putri, A., Suhartono, C., & Kristanti, M. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Kunjung Kembali Di Restoran Kaizen Bbq Grill & Shabu-Shabu Surabaya Dengan Customer Experience Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Perhotelan, 9(1), 46–54. https://doi.org/10.9744/jmp.9.1.46-54

Rahmawati, E., & Zuhroh, S. (2023). Pengaruh Perceived Authenticity terhadap Revisit Intention yang Dimediasi Oleh Involvement (Studi Pada Pelanggan Café Otentik di Jombang). Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(6), 285–289. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i6.38

Sipayung, N. A., & Syafrizal Helmi Situmorang. (2023). Pengaruh Social Media, Servicescape Dan Customer Experience Terhadap Minat Berkunjung Kembali ( Revisit Intention ) Pada Maulana Villa Dan Cafe Di Pangambaten Kabupaten Karo. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 5(01), 26–36. https://doi.org/10.53050/ejtr.v5i01.384

Subagio, H. (2017). Analisa Pengaruh Dining Experience Terhadap Behavioral Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–8. https://media.neliti.com/media/publications/134793-ID-analisa-pengaruh-dining-experience-terha.pdf

Vincent. (2023). Analisis Pengaruh Customer Experience Terhadap Revisit Intention di Tian Jing Lou Restaurant Hotel Intercontinental Bandung Dago Pakar Vincent Universitas Bunda Mulia , Indonesia Email?: [email protected] Pendahuluan Metode Penelitian. Journal Sains Global Indonesia, 4(2), 84–96.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Putra, J. D. (2024). Analisa Pengaruh Dining Experience Terhadap Minat Kunjung Kembali di Lagoom Eatery Modernland. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(7), 2390–2408. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.792