Analisa Pengaruh Dining Experience Terhadap Minat Kunjung Kembali di Lagoom Eatery Modernland
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.792Keywords:
Dining Experience; Minat Kunjung Kembali; Kualitas Makanan; Kualitas Layanan; Lingkungan FisikAbstract
Lagoom Eatery Modernland di Kota Tangerang memerlukan Dining Experience yang positif untuk menarik pelanggan agar kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana Dining Experience, yang mencakup Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, dan Lingkungan Fisik, mempengaruhi Minat Kunjung Kembali di Lagoom Eatery Modernland. Selain itu, studi ini bertujuan untuk menentukan faktor mana— Kualitas Makanan, Kualitas layanan, atau Lingkungan Fisik—yang memiliki pengaruh paling signifikan terhadap Minat Kunjung Kembali. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non-probabilitas menggunakan purposive sampling pada 99 responden, dan menganalisis data menggunakan SPSS Versi 27. Hasil uji T menunjukkan bahwa Dining Experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Kunjung Kembali di Lagoom Eatery Modernland. Analisis mengungkapkan bahwa Dining Experience menyumbang 37,2% pengaruh terhadap Minat Kunjung Kembali, sementara 62,8% sisanya disebabkan oleh variabel lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini. Tingkat signifikansi 0,001 < 0,05 lebih lanjut mengkonfirmasi bahwa pengaruh Dining Experience terhadap Minat Berkunjung Kembali adalah positif dan simultan.
References
Andika, I. S., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Atribut Dining Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kebun Coklat Cafe & Resto Balongbendo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1069–1075. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36031
Badan Pusat Statistik Kota Tangerang. (2020). Jumlah Rumah Makan/Restoran Menurut Kecamatan di Kota Tangerang Tahun 2020, 14 Kecamatan. Badan Pusat Statistik Kota Tangerang. https://tangerangkota.bps.go.id/indicator/16/246/1/jumlah-rumah-makan-restoran-menurut-kecamatan-di-kota-tangerang.html
Cahyuni, W. E., & Ritonga, R. M. (2024). Analisis Pengaruh Servicescape Terhadap Revisit Intention di La Riviera Pantai Indah Kapuk 2. Jurnal Sosial Dan Sains, 4, 68–75.
Canny, I. (2014). Measuring the Mediating Role of Dining Experience Attributes on Customer Satisfaction and Its Impact on Behavioral Intentions of Casual Dining Restaurant in Jakarta. International Journal of Innovation, Management and Technology, 5(1). https://doi.org/10.7763/ijimt.2014.v5.480
Hutabarat, D. L., & Sukresna, I. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Lingkungan Fisik, Kualitas Makanan dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang dan Minat Word of Mouth (Studi Empiris pada Du Cafe Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 16(2), 55–65. https://doi.org/10.14710/jsmo.v16i2.39389
Maulidya, A., Saroh, S., & Zunaida, D. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Dan Marketing Mix Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Semusim Cafe Kota Malang). Jiagabi, 10(2), 205–212.
Meillycent, J., Oslan, S. J., & Aprilia, A. (2023). Pengaruh Dining Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rustic Market By the Lake Restoran Graha Natura Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 31–40. https://doi.org/10.9744/jmp.17.1.31-40
Mulyono, A. V., Septiano, B., & Aprilia, A. (2021). Pengaruh Dining Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Revisit Intention Di Restoran Korea Di Surabaya Pada Era New Normal. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(1), 20–31. https://doi.org/10.9744/jmp.7.1.20-31
Putri, A. D., Prabawani, B., & Widayanto, W. (2023). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Revisit Intention melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Coffee Shop Pijar: Studi pada Coffee Shop Pijar di Tembalang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 70–80. https://doi.org/10.14710/jiab.2023.36949
Putri, A., Suhartono, C., & Kristanti, M. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Kunjung Kembali Di Restoran Kaizen Bbq Grill & Shabu-Shabu Surabaya Dengan Customer Experience Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Perhotelan, 9(1), 46–54. https://doi.org/10.9744/jmp.9.1.46-54
Rahmawati, E., & Zuhroh, S. (2023). Pengaruh Perceived Authenticity terhadap Revisit Intention yang Dimediasi Oleh Involvement (Studi Pada Pelanggan Café Otentik di Jombang). Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(6), 285–289. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i6.38
Sipayung, N. A., & Syafrizal Helmi Situmorang. (2023). Pengaruh Social Media, Servicescape Dan Customer Experience Terhadap Minat Berkunjung Kembali ( Revisit Intention ) Pada Maulana Villa Dan Cafe Di Pangambaten Kabupaten Karo. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 5(01), 26–36. https://doi.org/10.53050/ejtr.v5i01.384
Subagio, H. (2017). Analisa Pengaruh Dining Experience Terhadap Behavioral Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–8. https://media.neliti.com/media/publications/134793-ID-analisa-pengaruh-dining-experience-terha.pdf
Vincent. (2023). Analisis Pengaruh Customer Experience Terhadap Revisit Intention di Tian Jing Lou Restaurant Hotel Intercontinental Bandung Dago Pakar Vincent Universitas Bunda Mulia , Indonesia Email?: [email protected] Pendahuluan Metode Penelitian. Journal Sains Global Indonesia, 4(2), 84–96.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Juandion Dharma Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.