Pengaruh Budaya Organisasi Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di SMK Muhammadiyah Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.784Keywords:
Budaya Organisasi, Kompetensi, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja GAbstract
Penelitian ini mengrahkan pada pengaruh dari adanya budaya organisasi, kompetensi dan motivasi terhadap kinerja guru dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening dengan studi kasus paa SMK Muhammadiyah Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dimana peneliti menggunakan sofware SmartPLS 3. Hasil penelitian yang dihasilkan dalam penelitian ini menekankan bahwa adanya pengaruh yang ditimbulkan dari budaya organisasi secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru di SMK Muhammadiyah Tangerang. Selanjutnya, kompetensi memiliki pengaruh yang signifikan dimana dapat mempengaruhi kepuasan kerja pada guru di SMK Muhammadiyah Tangerang. Selanjutnya pengaruh positif dan signifikan juga terjadi pada motivasi yang mempengaruhi kepuasan kerja para guru di SMK Muhammadiyah Tangerang. Serta yang terakhir adanya pengaruh positif signifikan kepuasan kera guru SMK Muhammadiyah Tengerang terhadap kepuasan kerja.
References
Alhamdi, R. (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi Di Patra Semarang Convention Hotel. Jurnal Pariwisata Pesona, 3(1), 57-68.
Gumilar, G. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Otto Pharmaceutical Industries Divisi Marketing Bandung. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 89-98.
Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SMA negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264-277.
Irawati, I., Sudarno, S., & Komardi, D. (2019). PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMITMEN ORGANISASI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAPKEPUASAN KERJA DAN KINERJA GURU SMP NEGERI PEKANBARU. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 210-221.
Izhatullaili, I., Santosa, D. F., & Nurlaili, Y. D. P. (2022). Analisis Lingkungan Kerja dan Hubungan Pekerjaan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT XYZ. Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis, 1(3), 38-52.
Kurniawan, T. R., Wulan, H. S., & Wahyono, E. H. (2018). Pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan kepala sekolah, dan kompetensi guru terhadap kinerja guru dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening (studi kasus pada guru SMK Teuku Umar Semarang). Journal of Management, 4(4).
Majid, A., Hakim, A. L., & Assadam, E. (2021). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel moderasi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 5(1), 9-16.
Mutropin, M., Riono, S. B., & Khojin, N. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di PT Bintang Indokarya Gemilang Brebes). JECMER: Journal of Economic, Management and Enterpreneurship Research, 1(3), 174-189.
Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 2 depok sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).
Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).
Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291-296.
Zainuddin, P., & Oktarida, A. (2015). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen (Survei Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Palembang). In Seminar Nasional Penelitian dan PKM: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora (SNaPP) (Vol. 5, No. 1, pp. 229-238). LPPM Universitas Islam Bandung (UNISBA).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hafiza Avisiena, Maswanto Maswanto, Cecep Haryoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.