Pengaruh Harga, Pendapatan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Sansan Fardan Hamdani Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Siliwangi Tasikmalaya
  • Ade Komaludin Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Siliwangi Tasikmalaya
  • Asep Yusuf Hanapia Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Siliwangi Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.783

Keywords:

Harga, Pendapatan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung harga, pendapatan dan kualitas produk dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Studi empiris dilakukan pada Gabungan Kelompok Tani di 5 Kecamatan Tasikmalaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sensus dengan jumlah sampel sebanyak 367 sampel yang merupakan Gabungan Kelompok Tani di 5 Kecamatan Tasikmalaya. Instrumen penelitian ini adalah kuisioner pernyataan dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan Stuctural Equation Modelling dengan aplikasi Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan 1) Harga, kualitas produk dan kepuasan pelanggan ada dalam kriteria kurang baik, sedangkan keputusan pembelian ada dalam kriteria tidak baik. Rata-rata pedapatan sebesar Rp. 1.865.650, dari seluruh responden yang terbanyak masuk dalam kriteria sedang. 2) Harga, pendapatan, dan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 3) harga, pendapatan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. 4) Keputusan pembelian tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. 5) Harga, pendapatan, dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian.

References

Amalia Fatimatuzahra, & Evi Selvi. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Petani Padi Pupuk Bersubsidi PT.Kujang- Studi Kasus Pada (kios-kios) di Wilayah Karawang Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(10), 24–34.

Sahputra, E. S. A., & Nendi, I. (2024). Penerapan Big Data Dan Analytics Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif. Cakrawala Repositori IMWI, 7(1), 297–304.

Alfiah, A., Suhendar, A., & Yusuf, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 492–503.

Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Bahruddin, B., & Sentosa, E. (2022). Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk dan

Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Produk di Foodmart Supermarket Atrium Senen. Ikraith-Ekonomika, 6(2), 133–142.

Draper, N. and Smith, H. (1981). Analisis Regresi Terapan Edisi Kedua. Sumantri B, penerjemah. Jakarta: Gramedia, Terjemahan dari: Applied Regression Analysis.

Dalmayani, F., Syahriza, R., Ria, R., & Hasibuan, A. (2023). Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Volume Penjualan Ikan di Pasar Kecamatan Deli Tua. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(1).

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17.

Ghozali & Latan. (2014). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris (BP Undip (ed.)).

Hair, J. F et. al. (2019). Partial Least Squares Structural Equation Modeling Based Discrete Choice Modeling: An Illustration In Modeling Retailer Choice. Business Research. 12(1).

Hardianto. (2021). Pengaruh Harga terhadap dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan pembelian Pupuk Tanaman Pada CV. Anugrah Jaya Medan. Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Darmawangsa Medan.

Husein Ummar. (2013). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka.

Ilham Hadi Nur Yufa, D., & Dwi Lestari, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Pengaruh Potongan Harga Dan Kualitias Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 8(2), 614–626.

Kotler, dan Armstrong. (2015). Marketing an Introducing Pretiece Hall twelfth edition. England : Pearson Education.

Kotler, Phillip dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.

Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip. (2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P., dan G. A. (2011). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 Jilid 1). Erlangga. Laksono, D. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Pendapatan

Terhadap Keputusan Pembelian Helm Kbc. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 145–154.

Lupiyoadi, R dan hamdani, A. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori Dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Manalu, D., & Johanna Roshinta. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Coffee Di Center Point Medan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 173–189.

Mukuan, K. D., Mandey, S. L., & Tampenawas, J. L. A. (2023). Pembelian Makanan Di Rumah Makan Maji Ayam Geprek Cabang Jalan Bethesda Sario. 11(4), 642–652.

Narimawati, U. & J. S. (2007). Structural Equation Model (SEM) dalam Riset Ekonomi: Menggunakan Lisrel. Gava media.

Navila, V. (2023). Analisis Pengaruh Gaya Hidup Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keputusan Pembelian Berulang Produk Kopi Gayo Aceh Di Coffee Shop Tuku Cipete Vivi Navila. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahan, 1(4), 292–302.

Nopirin. (2010). Pengantar Ilmu Ekonomi Makro & Mikro, Yogyakarta?BPFE Novitasari, D. A., & AC, A. M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan

Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Nilna Mukena Ngunut Tulungagung. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 962.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ramdhani, M. F. A., & Rahmat, Y. (2023). Pengaruh Harga Terhadap Volume Penjualan Pupuk Urea Bersubsidi Pada Pt. Pertani (Persero) Cabang Banten. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 19–27.

Sangadji, Etta Mamang, Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi. Saragih, MM., B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap

Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3), 26– 33.

Syahatah, Husein. (2008). Ekonomi Rumah Tangga Muslim, Jakarta? Gema Insani Press.

Schiffman & Kanuk. (2009). Persepsi Kualitas Consumen Behavior. Perason Prestice Hall.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan kedelapan belas. Alfabeta.

Bandung.

Sumardi, Wukirno. (2018). Faktor-faktor Produktivitas Gabungan kelompok tani, Jakarta, Bumi Aksara.

Sutedjo. (1994). Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta.

Syafiie, Kencana, & Inu, D. R. (2011). Manajemen Pemerintahan. Pustaka Reka Cipta.

Tjiptono. (2008). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima, Edisi Kedua, Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Hamdani, S. F., Komaludin, A. ., & Hanapia, A. Y. . (2024). Pengaruh Harga, Pendapatan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(7), 2227–2240. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.783