Pengaruh Tingkat Pendidikan, Kompetensi, dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan (Survei pada Karyawan PT. Meta Global Triasha Tasikmalaya)

Authors

  • Ramdani Al Falah Universitas Siliwangi Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.782

Keywords:

Tingkat pendidikan, kompetensi, motivasi kerja, kepuasan kerja dan kinerja karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh tingkat pendidikan, kompetensi, dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja yang berdampak terhadap kinerja karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey  dengan populasi yang diteliti sebanyak 190 responden. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan skunder. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan pendekatan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software Partial Least Square (PLS) yaitu software Smart PLS. Keadaan tingkat pendidikan, kompetensi, motivasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan di PT. Meta Global Triasha Tasikmalaya masih belum optimal, artinya tingkat pendidikan tidak signifikan terhadap kepuasan masih perlu perbaikan sesuai dengan keterjangkauan dan harapan karyawan. Kompetensi yang dilakukan sudah efektif, artinya kompetensi signifikan terhadap kepuasan kerja adanpun untuk motivasi kerja masih kurang baik, artinya motivasi tidak signifikan terhadap kepuasan yang telah dilaksanakan, maka secara keseluruhan diperlukan perbaikan-perbaikan dan peningkatan untuk di masa yang akan datang. Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Meta Global Triasha Tasikmalaya sangat perlu ditingkatkan kembali artinya pengaruh kepuasan terhadap kinerja tidak signifikan sehingga berdampak pada peningkatan kinerja karyawan yang menurun dan perlu perbaikan dan peningkatan untuk dimasa yang akan datang.

References

Ary Sutrischastini dan Agus Riyanto. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul. Jurnal. Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha.

Ath-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. 2009. Tafsir Ath Thabari Juz ‘Amma. Jakarta: Pustaka Azzam

Beer, M., & Nohria, N. 2000. "Cracking the Code of Change." Harvard Business Review.

Human Behavior." Plenum.

Dewey, Jhon. 2003. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ghozali, Imam. 2017. Partial Least Squares Konsep. Edisi ke dua. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi ke tujuh. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hackman, J. R., & Oldham, G. R. 1976. "Motivation through the Design of Work: Test of a Theory." Organizational Behavior and Human Performance.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2004. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Handoko, T. 2011. Manajemen Personalia dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hartatik, P. I. 2014. Buku Praktis Mengembangkan SDM. Suka Buku.

Hasibuan, M. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Ihsan, Fuad H. 2005. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Judge, T. A., Bono, J. E., Ilies, R., & Gerhardt, M. W. 2002. "Personality and Leadership: A Qualitative and Quantitative Review." Journal of Applied Psychology.

Luthans, F. 2011. "Organizational Behavior: An Evidence-Based Approach." McGraw-Hill Education.

Mondy, R.W. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga.

Mudyahardjo, Redja. 2008. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press

Podsakoff, P. M., MacKenzie, S. B., & Podsakoff, N. P. 2012. "Sources of Method Bias in Social Science Research and Recommendations on How to Control It." Annual Review of Psychology.

Pulakos, E. D., Arad, S., Donovan, M. A., & Plamondon, K. E. 2000. "Adaptability in the Workplace: Development of a Taxonomy of Adaptive Performance." Journal of Applied Psychology.

Rika Widayaningtyas dan A Darmawati. 2016. Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Macanan Jaya Cemerlang Klaten. Jurnal. Manajemen Bisnis Indonesia.

Robbins, S. P., & Coulter, M. 2017. "Management." Pearson.

Rousseau, J.J. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke tujuh. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Syaiful Bakhri. 2014. Pengaruh Sistem Kerja Kontrak dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Fedral Internasional Finance Lampung. Jurnal. Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategy Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Undang-Undang Pendidikan No. 20 Tahun 2003 Tentang Sintem Pendidikan Nasional

Vroom, V. H. 1964. "Work and Motivation." John Wiley & Sons.

Wiboowo. 2017. Manajemen Kinerja. Rajawali Pers. Pustaka Pelajar.

Widodo, S.E. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar.

Wirawan, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesi. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Kabel Mediacom. Jurnal. Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Falah, R. A. (2024). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Kompetensi, dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan (Survei pada Karyawan PT. Meta Global Triasha Tasikmalaya). Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(7), 2209–2226. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.782