Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli ( Purchase Intention ) Dengan Trust Sebagai Variabel Intervening pada Markeplace Shopee (Studi Kasus Konsumen Shopee di Yogyakarta)
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.781Keywords:
Online Customer Review, Rating, Trust, Minat BeliAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh online customer review dan rating terhadap minat beli dengan tust sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan aplikasi Shopee berdomisili di Yogyakarta. Penelitian ini diperoleh dengan menggunakan data kuisioner dengan melakukan penelitian langsung dengan sarana menyebarkan kuisioner menggunakan google form. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 140 kosumen. Penelitian ini dilakukan secara Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling.Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Online Customer Review, rating dan trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli hal ini dibuktikan dengan output sama dimana nilai t hitung > t table. Lalu Online Customer Review dan Rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap Trust hal ini dibuktikan dengan output sama dimana nilai t table. Sehingga membuat hasil Trust berpengaruh positif signifikan memediasi Online Customer Review dan rating terhadap Minat Beli, hasil ini dibuktikan dengan hasil uji sobel yang menunjukan nilai One-tailed probability sebesar 0,027 dan 0,00 yang berarti 0,027 dan 0,00 < 0,05. Dalam hal ini Online Review Customer dan rating dapat meningkatkan Minat Beli melalui Trust pada konsumen shopee diYogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Candra Kiki Purnama, Henny Welsa, Putri Dwi Cahyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.