Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli ( Purchase Intention ) Dengan Trust Sebagai Variabel Intervening pada Markeplace Shopee (Studi Kasus Konsumen Shopee di Yogyakarta)

Authors

  • Candra Kiki Purnama Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Henny Welsa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Putri Dwi Cahyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.781

Keywords:

Online Customer Review, Rating, Trust, Minat Beli

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh online customer review dan rating terhadap minat beli dengan tust sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan aplikasi Shopee berdomisili di Yogyakarta. Penelitian ini diperoleh dengan menggunakan data kuisioner dengan melakukan penelitian langsung dengan sarana menyebarkan kuisioner menggunakan google form. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 140 kosumen. Penelitian ini dilakukan secara Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling.Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Online Customer Review, rating dan trust  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli hal ini dibuktikan dengan output sama dimana nilai t hitung > t table. Lalu  Online Customer Review  dan Rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap Trust hal ini dibuktikan dengan output sama dimana nilai t table. Sehingga membuat hasil Trust berpengaruh positif signifikan memediasi Online Customer Review dan rating  terhadap Minat Beli, hasil ini dibuktikan dengan hasil uji sobel yang menunjukan nilai One-tailed probability sebesar 0,027  dan 0,00 yang berarti 0,027 dan 0,00 < 0,05. Dalam hal ini Online Review Customer  dan rating  dapat meningkatkan Minat Beli melalui Trust pada konsumen shopee diYogyakarta.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Purnama, C. K., Welsa, H. ., & Cahyani, P. D. . (2024). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli ( Purchase Intention ) Dengan Trust Sebagai Variabel Intervening pada Markeplace Shopee (Studi Kasus Konsumen Shopee di Yogyakarta). Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(7), 2150–2162. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.781

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.