Peran Mom Influencer Terhadap Minat Pembelian Pada Ibu Net Generation (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @rensia_sanvira)
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.773Keywords:
Influencer; Mom Influencer; Minat Beli; Instagram; Generasi NetAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memiliki gambaran bagaimana peran influencer mom terhadap minat beli pada ibu net generation pada akun Instagram @rensia_sanvira. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana peran influencer mom dalam menarik minat beli konsumen khususnya ibu net generation? 2. Faktor apa saja yang menjadi pertimbangan ibu net generation dalam melakukan pembelian? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan menggunakan data sekunder. Pengumupulan data menggunakan Teknik studi literatur yang digunakan berdasarkan dari hasil penelitian terdahulu, jurnal ilmiah, buku dan akun Instagram influencer mom @rensia_sanvira. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat empat peran mom influencer dalam menarik minat beli konsumen yaitu menyampaikan pesan produk yang menarik, memberi informasi penggunaan produk, meyakinkan audiens, serta membangun kepercayaan. Sedangkan untuk faktor yang mendorong ibu net generation untuk melalukan pembelian adalah daya tarik, strategi komunikasi dan desire (keinginan).
References
Anissa, N., Amira, A., Darwis, M., & Athirah, N. (2020). EXPLORE HOW SOCIAL MEDIA INFLUENCER AFFECT CONSUMER PURCHASE INTENTION. Shah Alam, Selangor, Malaysia.
Arindita, R. (2019). Personal Branding Mom Influencer dan Representasi Ibu Milenial di Media Sosial. Wacana, 11-24. doi:10.32509/wacana.v18i1.722
Astuti, R., & Santoso, H. (2016). Pengaruh Promosi Online dan Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Konsumen Tas Online Shop Fani House. Interaksi Online, 5(1), 1-10.
Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cat, N. (2023, january 1). https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2023/01/. Retrieved from https://napoleoncat.com: https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2023/01/
Durianto, Darmadi, & Liana, C. (2004). Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 11(1), 35-55.
Hidayat, K., & Bashori, K. (2016). Psikologi sosial: aku, kami, dan kita. Jakarta: Erlangga.
Kelman, H. (1958). Compliance, identification, and internalization three processes of attitude change. Journal of Conflict Resolution, 2(1), 51-60. Retrieved from https://doi.org/10.1177/002200275800200106
Kemp, S. (2023, February 9). Datareportal Reports Digital. Retrieved from Datareportal Web Site: https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia
Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Martin, D. &. (2020). The Boss (Best on SEO & SEM). Jakarta: Digimind.
Maulana, I., Manulang, J., & Salsabila, O. (2020). PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI ERA EKONOMI DIGITAL. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28-34.
Miles, M., & Huberman, A. (2014). Qualitative Data Analysis. California: Sage Publications.
Prabowo, Y. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli (Survei Pada Pengunjung 3second Store Di Jalan Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2), 1-7.
Rahmalia, N. (2023, Oktober 23). Mengenal Influencer, Mulai dari Arti, Manfaat, hingga Jenis-jenisnya. Jakarta, Jawa Barat, Indonesia. Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/influencer-adalah/
Rejeki, D., Noviant, L., & Qadariah, L. (2020). Peran Selebgram (Selebriti Instagtram) Terhadap Minat Beli Konsumen. Repository Uniska, 1-6.
Suryana, A., & Hidayat, R. (2018). THE EFFECT OF VIDEO ADVERTISEMENT BY BEAUTY VLOGGER ON BUYING INTENTION. International Journal of Accounting, Finance, and Economics, 1(1).
Tapscoot, D. (1997). Grown Up Digital: The Rise of The Net Generation. New York: McGraw-Hill.
Vahdat, A., Alizadeh, A., Quach, S., & Hamelin, N. (2020). Would you like to shop via mobile app technology? The technology acceptance model, social factors and purchase intention. Australian Marketing Journal, 29(2), 187-197. doi:https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2020.01.002
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nastiti Herninda Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.