Peran Mom Influencer Terhadap Minat Pembelian Pada Ibu Net Generation (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @rensia_sanvira)

Authors

  • Nastiti Herninda Putri Program Studi Magister Media dan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.773

Keywords:

Influencer; Mom Influencer; Minat Beli; Instagram; Generasi Net

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memiliki gambaran bagaimana peran influencer mom terhadap minat beli pada ibu net generation pada akun Instagram @rensia_sanvira. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana peran influencer mom dalam menarik minat beli konsumen khususnya ibu net generation? 2. Faktor apa saja yang menjadi pertimbangan ibu net generation dalam melakukan pembelian? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan menggunakan data sekunder. Pengumupulan data menggunakan Teknik studi literatur yang digunakan berdasarkan dari hasil penelitian terdahulu, jurnal ilmiah, buku dan akun Instagram influencer mom @rensia_sanvira. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat empat peran mom influencer dalam menarik minat beli konsumen yaitu menyampaikan pesan produk yang menarik, memberi informasi penggunaan produk, meyakinkan audiens, serta membangun kepercayaan. Sedangkan untuk faktor yang mendorong ibu net generation untuk melalukan pembelian adalah daya tarik, strategi komunikasi dan desire (keinginan).

References

Anissa, N., Amira, A., Darwis, M., & Athirah, N. (2020). EXPLORE HOW SOCIAL MEDIA INFLUENCER AFFECT CONSUMER PURCHASE INTENTION. Shah Alam, Selangor, Malaysia.

Arindita, R. (2019). Personal Branding Mom Influencer dan Representasi Ibu Milenial di Media Sosial. Wacana, 11-24. doi:10.32509/wacana.v18i1.722

Astuti, R., & Santoso, H. (2016). Pengaruh Promosi Online dan Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Konsumen Tas Online Shop Fani House. Interaksi Online, 5(1), 1-10.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cat, N. (2023, january 1). https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2023/01/. Retrieved from https://napoleoncat.com: https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2023/01/

Durianto, Darmadi, & Liana, C. (2004). Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 11(1), 35-55.

Hidayat, K., & Bashori, K. (2016). Psikologi sosial: aku, kami, dan kita. Jakarta: Erlangga.

Kelman, H. (1958). Compliance, identification, and internalization three processes of attitude change. Journal of Conflict Resolution, 2(1), 51-60. Retrieved from https://doi.org/10.1177/002200275800200106

Kemp, S. (2023, February 9). Datareportal Reports Digital. Retrieved from Datareportal Web Site: https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Martin, D. &. (2020). The Boss (Best on SEO & SEM). Jakarta: Digimind.

Maulana, I., Manulang, J., & Salsabila, O. (2020). PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI ERA EKONOMI DIGITAL. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28-34.

Miles, M., & Huberman, A. (2014). Qualitative Data Analysis. California: Sage Publications.

Prabowo, Y. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli (Survei Pada Pengunjung 3second Store Di Jalan Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2), 1-7.

Rahmalia, N. (2023, Oktober 23). Mengenal Influencer, Mulai dari Arti, Manfaat, hingga Jenis-jenisnya. Jakarta, Jawa Barat, Indonesia. Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/influencer-adalah/

Rejeki, D., Noviant, L., & Qadariah, L. (2020). Peran Selebgram (Selebriti Instagtram) Terhadap Minat Beli Konsumen. Repository Uniska, 1-6.

Suryana, A., & Hidayat, R. (2018). THE EFFECT OF VIDEO ADVERTISEMENT BY BEAUTY VLOGGER ON BUYING INTENTION. International Journal of Accounting, Finance, and Economics, 1(1).

Tapscoot, D. (1997). Grown Up Digital: The Rise of The Net Generation. New York: McGraw-Hill.

Vahdat, A., Alizadeh, A., Quach, S., & Hamelin, N. (2020). Would you like to shop via mobile app technology? The technology acceptance model, social factors and purchase intention. Australian Marketing Journal, 29(2), 187-197. doi:https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2020.01.002

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Putri, N. H. (2024). Peran Mom Influencer Terhadap Minat Pembelian Pada Ibu Net Generation (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @rensia_sanvira). Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(7), 2377–2384. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.773