Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020 di MAN 2 Kab Bandung

Authors

  • Mulyawan Safwandy Nugraha Dosen Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hendi Rochimat Mahasiswa Psca Serjana (S2) Manajemen Pendidikan Islam UIH Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.765

Keywords:

Kepala Sekolah, Kualitas Pendidikan, Kepemimpinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) tahun 2020 di MAN 2 Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam memperbaiki kualitas pendidikan telah mengikuti standar yang ditetapkan dalam IASP tahun 2020. Faktor-faktor seperti komunikasi yang efektif, pemberdayaan staf, dan pengelolaan sumber daya secara efisien menjadi kunci keberhasilan dalam peningkatan kualitas pendidikan. Studi ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mencapai standar akreditasi yang ditetapkan.

References

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitati, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitati, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Maseleno, A., Ayshwary, B., Ivanova, T. N., Hashim, W., Nguyen, P. T., Shankar, K., Kristiawan, M., Huda, M. (2019). General Theoretical and Philosophical Aspects of Modern Education. Aspectos Teóricos y Filosóficos Generales de la Educación Moderna. Revista San Gregorio 2019, No. 32 Special Issues August

Sulistyorini. (2001). Hubungan Antara Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru, Jurnal Ilmu Pendidikan

Suparlan. (2013). Manajemen Bebrasis Sekolah dari Teori sampai Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri

Hari, S. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Bandung: Cipta Lekas Garafika

Danim, S. (2004). Motivasi, Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kartini Dewi Ningsih, Edi Harapan, Destiniar (2021) Pengaruh Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan (JMKSP). Volume 6 No 1

Maratul Qiftiyah, Rina Rahmi, Septika Laily Anti. (2020). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru. Indonesian Journal of Islamic Educational Management. Volume 3 No 1

Barnawi dan Mohammad Arifin. 2012.Kinerja Guru Profesional: InstrumenPembinaan, Peningkatan, dan Penilaian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Brush, Tony dan Marinne Colemen. 2008. Manajemen Strategi Kepemimpinan Pendidikan, terj. Fahrurrozo. Yogyakarta: IrchiSoD

Burhanuddin, Cut Zahri Harun, dan Nasir Usman. Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh Kabupaten Aceh Barat, Jurnal Administrasi Pendidikan: Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 4, No. 1, Februari 2016, 72-81

Sawarjuwono, Tjiptohadi dan Agustine Prihatin Kadir. 2003. Intellectual Capital: Perlakuan, Pengukuran dan Pelaporan (Sebuah Library Research), Jurnal Akuntansi & Keuangan, Vol. 5, No. 1, Mei 2003

Supriyadi. Community Of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan, Lentera Pustaka, Volume 2, Nomor 2, 83-93

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Nugraha, M. S., & Rochimat, H. . (2024). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020 di MAN 2 Kab Bandung. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(7), 2163–2182. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.765