Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020 di MAN 2 Kab Bandung
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.765Keywords:
Kepala Sekolah, Kualitas Pendidikan, KepemimpinanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) tahun 2020 di MAN 2 Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam memperbaiki kualitas pendidikan telah mengikuti standar yang ditetapkan dalam IASP tahun 2020. Faktor-faktor seperti komunikasi yang efektif, pemberdayaan staf, dan pengelolaan sumber daya secara efisien menjadi kunci keberhasilan dalam peningkatan kualitas pendidikan. Studi ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mencapai standar akreditasi yang ditetapkan.
References
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitati, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitati, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Maseleno, A., Ayshwary, B., Ivanova, T. N., Hashim, W., Nguyen, P. T., Shankar, K., Kristiawan, M., Huda, M. (2019). General Theoretical and Philosophical Aspects of Modern Education. Aspectos Teóricos y Filosóficos Generales de la Educación Moderna. Revista San Gregorio 2019, No. 32 Special Issues August
Sulistyorini. (2001). Hubungan Antara Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru, Jurnal Ilmu Pendidikan
Suparlan. (2013). Manajemen Bebrasis Sekolah dari Teori sampai Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri
Hari, S. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Bandung: Cipta Lekas Garafika
Danim, S. (2004). Motivasi, Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kartini Dewi Ningsih, Edi Harapan, Destiniar (2021) Pengaruh Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan (JMKSP). Volume 6 No 1
Maratul Qiftiyah, Rina Rahmi, Septika Laily Anti. (2020). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru. Indonesian Journal of Islamic Educational Management. Volume 3 No 1
Barnawi dan Mohammad Arifin. 2012.Kinerja Guru Profesional: InstrumenPembinaan, Peningkatan, dan Penilaian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Brush, Tony dan Marinne Colemen. 2008. Manajemen Strategi Kepemimpinan Pendidikan, terj. Fahrurrozo. Yogyakarta: IrchiSoD
Burhanuddin, Cut Zahri Harun, dan Nasir Usman. Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh Kabupaten Aceh Barat, Jurnal Administrasi Pendidikan: Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 4, No. 1, Februari 2016, 72-81
Sawarjuwono, Tjiptohadi dan Agustine Prihatin Kadir. 2003. Intellectual Capital: Perlakuan, Pengukuran dan Pelaporan (Sebuah Library Research), Jurnal Akuntansi & Keuangan, Vol. 5, No. 1, Mei 2003
Supriyadi. Community Of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan, Lentera Pustaka, Volume 2, Nomor 2, 83-93
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mulyawan Safwandy Nugraha, Hendi Rochimat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.