Awal Perkembangan Islam di Sumatera Barat Pasaman Barat
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.764Keywords:
Islam, Sumatera Barat, Pasaman Barat, PerkembanganAbstract
Kajian ini bertujuan untuk menelaah kembali sejarah awal masuknya islam di sumatera barat di bagian pasaman. Metode penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengumpulan data. Sebuah cerita rakyat yang berkembang dalam masyarakat Pasaman yakni Cerita Rajo Sontang, diceritakan bahwa orang pertama yang mendiami daerah tersebut berasal dari Pagaruyung, dan pada Pertengahan abad ke -7 M agama islam sudah memasuki daerah minangkabau yang di bawa oleh para pedagang-pedagang islam. Umat Islam di Minangkabau memiliki rumah ibadah disebut dengan Surau dan Masjid. Surau pada awalnya bangunan pelengkap rumah gadang (rumah adat), sedangkan masjid merupakan sarana yang harus memiliki sebagai syarat dapat berdirinya sebuah nagari di Minangkabau.
References
Affandi, Ifan Nur. (2018). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Mahmud Yunus Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam Pada Era Kontemporer. UIN Raden Intan Lampung.
Birohmatika, Misykah N., & Diana, R. Rachmy. (2012). Makna Suluk Pada Lansia Anggota Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 17(2), 39–51.
Chaidir, Ali. (2024). Keanaekaragaman Burung Rangkong (Bucerotidae) di Cagar Alam Rimbo Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Fathurahman, Oman, Basuki, Sulistyo, & SLS, M. (n.d.). Ulama dan Pengelolaan Akses Informasi: Naskah-Naskah Islam Pasaman Abad 20.
Fauzian, Rinda, & Firdaus, M. Aditya. (2018). Pendidikan Akhlak Karimah Berbasis Kultur Kepesantrenan (Vol. 1). Rinda Fauzian.
Khoiriyah, Annisa. (2022). Dinamika Surau Buya Lubuk Landur Kecamatan Aur Kuning Kabupaten Pasaman Barat (1852 M-2021). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
KHOMESA, RIONALD LAWRANCE. (2019). PERANCANGAN BUKU CERITA VISUAL UNTUK MENANAMKAN FILOSOFI BELA DIRI DARI ASIA UNTUK PEDOMAN KEHIDUPAN PADA REMAJA AWAL USIA 13 HINGGA 15 TAHUN. UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.
Luthfi, Syahibul. (2021). Zuhud dalam Perspektif Jamaah Suluk Dayah Raudhatul Hikmah Gampong Pango Raya Kecamatan Ulee Kareng Kabupaten Banda Aceh. UIN AR-RANIRY.
melalui Shalat, Sebuah Perjalanan Menuju Allah. (n.d.). Jalan Terindah.
Minarti, Sri. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif. Amzah.
Nurjannah, Nurjannah. (2019). Upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan kemandirian shalat pada siswa tunagrahita di sekolah dasar luar biasa Negeri 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. IAIN Padangsidimpuan.
Nurul, Hayani. (2023). Analisis Kematangan Emosi pada Anak Keluarga Broken Home (Jorong Lubuak Landua Kabupaten Pasaman Barat). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Siregar, Muhammad Andre Syahbana. (2020). Ziarah Kubur, Marpangir, Mangan Fajar: Tradisi Masyarakat Angkola dan Mandailing Menyambut Bulan Ramadhan dan ‘Idul Fitri. Warisan: Journal of History and Cultural Heritage, 1(1), 9–13.
Sirojudin, Rumbang. (2022). Pendidikan Islam Nusantara (Paradigma Sejarah).
Usmani, Ahmad Rofi. (2022). Ensiklopedia Tokoh Muslim. Mizan Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusra Dewi Siregar, Laila Sepriani, Revan Azwar, Riski Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.