Perancangan UI/UX Aplikasi Edukasi Seksual Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Gilang Dwi Saputra Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i6.760

Keywords:

UI/UX, Aplikasi Edukasi Seksual, Mobile, Design Thinking, Usability Testing, System Usability Scale

Abstract

Kekerasan seksual adalah tindakan yang merendahkan, menghina, melecehkan, dan/atau menyerang tubuh atau fungsi reproduksi seseorang, dengan dampak serius pada kesehatan fisik dan mental korban. Di Indonesia, kekerasan seksual terhadap laki-laki masih kurang diperhatikan meskipun data menunjukkan peningkatan kasus yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi edukasi seksual berbasis mobile bernama Eduseksia, yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pendidikan seksual, serta mengurangi stigma yang ada. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: empati (empathy), definisi (define), ideasi (ideate), pembuatan prototipe (prototype), dan pengujian (test). Pada tahap empati, kebutuhan pengguna diidentifikasi melalui wawancara dan analisis ulasan aplikasi serupa. Tahap definisi merumuskan masalah dan kebutuhan yang diperoleh, diikuti dengan tahap ideasi untuk menghasilkan solusi kreatif. Prototipe yang dihasilkan diuji menggunakan Usability Testing (UT) dan System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Eduseksia mendapatkan skor rata-rata 96 pada SUS, yang menunjukkan tingkat kegunaan yang sangat baik. Aplikasi ini mudah digunakan dan efektif dalam menyampaikan informasi edukasi seksual. Desain aplikasi memenuhi persyaratan estetika dan mendukung tujuan pendidikan dengan navigasi yang jelas dan konten yang relevan. Umpan balik dari pengguna memberikan wawasan penting untuk perbaikan lebih lanjut.

References

Al-Faruq, M. N. M., Nur’aini, S., & Aufan, M. H. (2022). PERANCANGAN UI/UX SEMARANG VIRTUAL TOURISM DENGAN FIGMA. Walisongo Journal of Information Technology, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12079

Amalina, S., Wahid, F., Satriadi, V., Farhani, F. S., & Setiani, N. (2017). Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking.

Apa Itu Design Thinking? Ini Penerapannya Bagi Perusahaan. (2024, Maret 1). https://www.ruangkerja.id/blog/design-thinking

Arlisya Purbasari, & Juardi, D. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Emergency Untuk Kekerasan Seksual Dengan Metode Design Thinking. https://doi.org/10.5281/ZENODO.8068395

Eko, P. (2022, Juli 21). Pentingnya Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. Universitas Jambi. https://www.unja.ac.id/pentingnya-pendidikan-seks-pada-anak-usia-dini-di-era-digital/

Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730

Husna, H. T., Susanti, F., & Pratondo, A. (t.t.). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA 6 – 12 TAHUN.

Isadora, F. R., Hanggara, B. T., & Mursityo, Y. T. (2021). Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 8(5), 1057–1066. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021844550

Kosim, M. A., Aji, S. R., & Darwis, M. (2022). PENGUJIAN USABILITY APLIKASI PEDULILINDUNGI DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, 4(2). https://doi.org/10.31326/sistek.v4i2.1326

Larasati, I. (2020). Evaluasi Penggunaan Website Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Computatio?: Journal of Computer Science and Information Systems, 4(1), 68. https://doi.org/10.24912/computatio.v4i1.6689

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171

Nadillah, M. F., & Voutama, A. (2024). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI DAUR ULANG SAMPAH BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. 8(3).

Narizki, M. J., Widyanto, R. A., & Prabowo, N. A. (2023). Perancangan UI/UX Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Perangkat Mobile dengan Metode Design Thinking. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1127–1135. https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3652

Pengenalan Mobile. (t.t.). School of Information Systems. Diambil 11 Mei 2024, dari https://sis.binus.ac.id/2018/02/13/pengenalan-mobile/

Pratama, M. A. D., Ramadhan, Y. R., & Hermanto, T. I. (2022). Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(4), 980. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i4.4442

Rizqullah, M. R. Z., & Utami, W. S. (2023). HiCare: Aplikasi Pengaduan Kekerasan Seksual berbasis Mobile. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 7(2), 396–405. https://doi.org/10.29408/edumatic.v7i2.23228

Santoso, M. F. (2022). Implementasi Konsep dan Teknik UI/UX Dalam Rancang Bangun Layout Web dengan Figma. 4(2).

Susanti, E., Fatkhiyah, E., & Efendi, E. (2019). PENGEMBANGAN UI/UX PADA APLIKASI M-VOTING MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING.

Zukhrian Shafarazaq, Visco Adam Bramasta, Lintang Ardi Avdillah, & Yoga Sahria. (2023). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Edukasi Dan Konsultasi Kondisi Kesehatan Mental. Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi, 1(2), 82–95. https://doi.org/10.59407/jrsit.v1i2.168

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Saputra, G. D. (2024). Perancangan UI/UX Aplikasi Edukasi Seksual Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(6), 2006–2021. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i6.760