Kajian Tingkat Pelayanan Terminal Type C Kabupaten Cianjur Menurut Pengguna dan Penyedia Moda Transportasi Darat (Studi Kasus pada Terminal Pasir Hayam)

Authors

  • Gumelar Andi Aziz Universitas Sangga Buana YPKP Bandung
  • Sri Hendarto Universitas Sangga Buana YPKP Bandung
  • Didin Kusdian Kajian Tingkat Pelayanan Terminal Type C Kabupaten Cianjur Menurut Pengguna dan Penyedia Moda Transportasi Darat (Studi Kasus pada Terminal Pasir Hayam)

Keywords:

Kajian Tingkat Pelayanan Terminal Type C Kabupaten Cianjur Menurut Pengguna Dan Penyedia Moda Transportasi Darat (Studi Kasus Pada Terminal Pasir Hayam)

Abstract

Terminal Pasir Hayam, dikenal juga sebagai Terminal Jebrod, merupakan salah satu terminal penumpang tipe B terbesar di Cianjur selain Terminal Rawabango dan Terminal Cipanas. Terletak di Jalan Raya Cibeber, Kelurahan Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, terminal ini dibangun pada tahun 2006 dan awalnya merupakan terminal tipe C sebelum statusnya ditingkatkan menjadi tipe B pada tahun 2012. Pengelolaannya kini berada di bawah Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat. Terminal ini menghubungkan Cianjur dengan wilayah sekitarnya melalui berbagai moda transportasi seperti angkutan kota, mobil penumpang umum (MPU), angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP), dan antarkota antarprovinsi (AKAP). Penelitian tentang kepuasan pengunjung Terminal Pasir Hayam menggunakan kuesioner menunjukkan pentingnya peningkatan dan pemeliharaan kualitas pelayanan. Analisis data dilakukan dengan metode reliabilitas dan validitas untuk memahami faktor-faktor kepuasan pengunjung dan mengidentifikasi variabel-variabel pelayanan yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan.

References

Agnia Eva Husni Mubarok. 2017. Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi

Asfi Marsani. 2010. Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP (Studi Kasus: STMIK CIC Cirebon)

Berita Cianjur, Dari Suarakarya, Kabar Cianjur, Man Suparman, Terminal Pasir Hayam

Della Vina Fudla. 2021. Evaluasi Kinerja Terminal Leuwipanjang Kota Bandung

Farida Iski Fitriah. 2011. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kereta Api Ekspres Pakuan JABODETABEK (Studi Kasus Kereta Api Ekspres Pakuan Bogor - Jakarta)

Hidayat Eka Wahyu. 2015. Multi Attribute Decission Making (MADM) Analytic Hierarchy Process.

Kristianto Adrian Candra. 2010. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Servis Bengkel PT. Bengawan Abadi Motor (Nasmoco Solo Baru)

Lodhita Heru Eka. 2014. Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode IPA (Importance Performance Analysis) Dan CSI (Customer Satisfaction Index) Studi Kasus Pada Toko Oen

Nur Laila Fitrianan. 2017. Kinerja Fungsi Teminal Giri Adipura Dalam Sistem Transportasi Di Kabupaten Wonogiri

Peraturan Menteri Perhubungan No PM 24 2021 Terminal Penumpang Angkutan Jalan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 30 Tahun 2021 Penyelenggaraan Bidang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 32 2011 Manajemen Dan Rekayasa, Analisis Dampak, Serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 55 Tahun 2012 Kendaraan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 74 Tahun 2014 Angkutan Jalan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 79 Tahun 2013 Jaringan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan

Syaifullah. 2010. Pengenalan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process)

Widha Purnomo Dyah Riandadari. 2015. Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Bengkel Dengan Metode Ipa (Importance Performance Analysis) Di PT. Arina Parama Jaya Gresik

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Aziz, G. A., Hendarto, S. ., & Kusdian, D. . (2024). Kajian Tingkat Pelayanan Terminal Type C Kabupaten Cianjur Menurut Pengguna dan Penyedia Moda Transportasi Darat (Studi Kasus pada Terminal Pasir Hayam). Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(6), 1042–1060. Retrieved from https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/750