Upaya Meningkatkan Kerja Kelompok Menggunakan Gaya Belajar Berdiferensiasi Siswa X TKR 1 SMK Negeri 3 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i6.733Keywords:
Kerjasama, Gaya BelajarAbstract
Penelitian atau karya tulis ilmiah dilakukan dengan tujuan untuk memaparkan tentang upaya meningkatkan kerja kelompok melalui gaya belajar siswa kelas X TKR 1 di SMK Negeri 3 Surabaya. Penelitian dilakukan dengan penerapan penelitian tindakan kelas. Sedangkan untuk metode penelitiannya menggunakan metode kualitatif yang diperkuat juga dari hasil penelitian terdahulu. Kesimpulan dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa kerjasama siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 3 Surabaya dapat meningkat melalui gaya belajar. Salah satu penelitian terdahulu yang peneliti temukan juga mengatakan bahwa mengetahui gaya belajar dari setiap siswa itu mampu menstimulus keaktifan siswa saat pembelajaran di kelas. Selain itu, terdapat strategi untuk memudahkan proses pembelajaran sesuai gaya belajar diantaranya yaitu, 1) mengajak belajarterhadap apa yang saja yang dilihat siswa dengan cara belajar visual, 2) mengajak belajar dari apa saja yang didengar siswa dengan cara belajar auditorial, 3) mengajak belajar dari gerakan dan sentuhan dari apa yang dirasakan siswa dengan cara belajar kinestetik.
References
Aldistya, Acan Bhintara, (2019). Peningkatan Kerjasama Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv A Sd N Margoyasan, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 6 Tahun Ke-8.
Amin, Mutmainnah, (2016), “Pengaruh Mind Map Dan Cara belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 1, no. 1: 85–92.
Bire, Arylien Ludji, Uda Geradus, and Josua Bire, (2014). “Pengaruh Cara belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa,” Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran 44, no. 2.
Didartita, Irwandi, (2019). Pengaruh Cara belajar pada Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 38 Seluma, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Enterpreunership VI Tahun 2019 , Semarang, 21.
Kusuma, Ardi Wira (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw dalam Bimbingan Klasikal, Konselor Volume 7.
Nasution, Siti Aisyah, (2021). Upaya Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu di Kelas II SD Negeri 182/1 Hutan Lindung, Science : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA 144 Vol. 1 No. 2.
Putri, Fathiya Eka, dkk, (2019). Hubungan Antara Cara belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa, EDUMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 2, Nomor 2.
Putri, Rahma Azzahrah, dkk, (2020). Pengaruh Cara belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar, Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1 (2).
Rahayu, Dita dkk, (2020). Keefektifan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar, Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 7, Nomor 2.
Ramadani, R., Mustamin, H., Idris, R. (2017). Hubungan Antara Kreativitas Guru Dan Cara belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 1(5),1.
Sartika, Cahya Dina (2020). “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kelas V Ditinjau Dari Cara belajar Dan Jenis Kelamin” (PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung).
Sibawaih, Imam and Anita Tri Rahayu, (2017). “Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Cara belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Kharismawita Jakarta Selatan,” Research and Development Journal of Education 3, no. 2.
Wibowo, Nugroho, (2016), Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Cara belajar Di SMK NEGERI 1 SAPTOSARI, Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 2.
Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Santoso, &. A. (2016). Pendidikan karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa sekolah dasar pada kurikulum 2013. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabila Enggal Genanta, Oksiana Jatiningsih, Rachmad Suyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.