Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Menunjang Kedisiplinan dan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPS 2
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.713Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan atas dasar masi rendahnya kedisiplinan sekaigus cara berpikir kritis pada peserta didik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran dalam menggunakan model Discovery Learning dan menguraikan kegiatan pembelajaran menggunakan Discovery Learning yang dapat meningkatkan Kedisiplinan swa dan berpikir kritis siswa.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMA 3 Muhammadiyah Surakarta dengan Subjek peserta didi kelas XII IPS dengan pelaksanaan 2 siklus. Menggunakan metode kualitatif PTK dengan teknik observasi dan angket. Dari hasil pembahasan diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan dan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan metode discovery learning yaitu sebagai berikut pada Siklus 1 Peserta didik yang termasuk katagori kurang disiplin 6 anak, katagori cukup 9 anak, katagori baik 5 anak, dan katagori sudah baik 1 anak dan Peserta didik yang termasuk penilaian berpikir kritis katagori kurang 9 anak, katagori cukup 11 anak, katagori baik 5 anak, dan katagori sudah baik 0 anak. Pada Siklus 2 peserta didik dengan katagori kurang disiplin 0 anak, katagori cukup disiplin 2 anak, katagori sudah baik kedisiplinanya 10 anak, dan katagori sangat baik 9 anak. Peserta didik dengan penilaian kemampuan peserta didik siklus 2 menunjukan katagori kurang 0 anak, katagori cukup 3 anak, katagori baik 13 anak, dan katagori sangat baik 5 anak.
References
Apriana, A. N., & Rahmiwati, N. (2021). Proses Pembentukan Karakter Disiplin Tanggung Jawab dan Kemandirian melalui Program Pembiasaan dan Keteladanan di TK A Kota Cimahi. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD, 26–29.
Daniyarti, W. D., Mapata, M., Suyitno, S., Hermania, B., Krisantus Minggu, K., Joko, S., Tamsik, U., Aan, A., Siskha Putri, S., & RB Singgih, S. (n.d.). Pendidikan Karakter Konsep, Model, Desain, dan Strategi Membentuk Kepribadian Anak.
Fernica, F. E. P. (2021). Mengembangkan Perilaku Disiplin Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Lompat Tinggi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 118–130.
PUTRA, O. K. Y. S. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENEGAKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG KOTA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Utomo, A. C., Pamungkas, T. B. S., & Rigianti, H. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran KAUN (Karakter Unggul) Sebagai Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Di Kelas 5 Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 11(2), 538–549.
Yantoro, Y. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Yang Efektif Dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592.
Akbar, S. 2010. Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Cipta Media.
Astuti, Sri. 2020. “Peningkatan Kedisiplinan dan Hasil Belajar Model Discovery Learning”. Jurnal Media Manajemen Pendidikan. 2(3), 379-388.
Cahyani,Dkk. 2021. “Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning”. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(3),919-927.
Heryadi,dkk.2022. “MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY (DISEL): PENGEMBANGAN KARAKTER KEDISIPLINAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 11(3), 778-789. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8967
Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.553
Ngadha, C. et al. 2023. PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENGAKTIFKAN PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 3 SD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Citra Pendidikan Anak. 2, 1 (Mar. 2023), 36–46. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1532.
Novita, Fidya.,dkk. 2018. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Vol. 2 (2
Rahayu, I. P., & Hardini, A. T. A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193-200.
Rizal, R. S., Harjono, N., & Airlanda. (2018). Perbaikan Proses Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Tema 4 Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) Siswa Kelas 5 SD Negeri Dukuh 01 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun 2017/2018. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 207-213.
Surhatik, Endang. 2020.Peningkatan Sikap Disiplin Dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Gerak Melalui Metode Discovery Learning Bagi Siswa Kelas VIII”. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 3(1), 18-21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wulan Katrisna, Siti Zuhriah Ariatmi, M Arif Rusydi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.