Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Menunjang Kedisiplinan dan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPS 2

Authors

  • Wulan Katrisna Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Siti Zuhriah Ariatmi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • M Arif Rusydi Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.713

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan atas dasar masi rendahnya kedisiplinan sekaigus cara berpikir kritis pada peserta didik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran dalam menggunakan model Discovery Learning dan menguraikan kegiatan pembelajaran menggunakan Discovery Learning yang dapat meningkatkan Kedisiplinan swa dan berpikir kritis siswa.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMA 3 Muhammadiyah Surakarta dengan Subjek peserta didi kelas XII IPS dengan pelaksanaan 2 siklus. Menggunakan metode kualitatif  PTK dengan teknik observasi dan angket. Dari hasil pembahasan diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan dan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan metode discovery learning yaitu sebagai berikut pada Siklus 1 Peserta didik yang termasuk katagori kurang disiplin 6 anak, katagori cukup 9 anak, katagori baik 5 anak, dan katagori sudah baik 1 anak dan  Peserta didik yang termasuk penilaian berpikir kritis katagori kurang 9 anak, katagori cukup 11 anak, katagori baik 5 anak, dan katagori sudah baik  0 anak. Pada Siklus 2 peserta didik dengan katagori kurang disiplin 0 anak, katagori cukup disiplin 2 anak, katagori sudah baik kedisiplinanya 10 anak, dan katagori sangat baik 9 anak.  Peserta didik dengan penilaian kemampuan peserta didik siklus 2 menunjukan katagori kurang 0 anak, katagori cukup 3 anak, katagori baik 13 anak, dan katagori sangat baik 5 anak.

References

Apriana, A. N., & Rahmiwati, N. (2021). Proses Pembentukan Karakter Disiplin Tanggung Jawab dan Kemandirian melalui Program Pembiasaan dan Keteladanan di TK A Kota Cimahi. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD, 26–29.

Daniyarti, W. D., Mapata, M., Suyitno, S., Hermania, B., Krisantus Minggu, K., Joko, S., Tamsik, U., Aan, A., Siskha Putri, S., & RB Singgih, S. (n.d.). Pendidikan Karakter Konsep, Model, Desain, dan Strategi Membentuk Kepribadian Anak.

Fernica, F. E. P. (2021). Mengembangkan Perilaku Disiplin Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Lompat Tinggi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 118–130.

PUTRA, O. K. Y. S. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENEGAKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG KOTA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Utomo, A. C., Pamungkas, T. B. S., & Rigianti, H. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran KAUN (Karakter Unggul) Sebagai Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Di Kelas 5 Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 11(2), 538–549.

Yantoro, Y. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Yang Efektif Dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592.

Akbar, S. 2010. Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Cipta Media.

Astuti, Sri. 2020. “Peningkatan Kedisiplinan dan Hasil Belajar Model Discovery Learning”. Jurnal Media Manajemen Pendidikan. 2(3), 379-388.

Cahyani,Dkk. 2021. “Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning”. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(3),919-927.

Heryadi,dkk.2022. “MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY (DISEL): PENGEMBANGAN KARAKTER KEDISIPLINAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 11(3), 778-789. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8967

Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.553

Ngadha, C. et al. 2023. PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENGAKTIFKAN PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 3 SD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Citra Pendidikan Anak. 2, 1 (Mar. 2023), 36–46. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1532.

Novita, Fidya.,dkk. 2018. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Vol. 2 (2

Rahayu, I. P., & Hardini, A. T. A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193-200.

Rizal, R. S., Harjono, N., & Airlanda. (2018). Perbaikan Proses Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Tema 4 Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) Siswa Kelas 5 SD Negeri Dukuh 01 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun 2017/2018. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 207-213.

Surhatik, Endang. 2020.Peningkatan Sikap Disiplin Dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Gerak Melalui Metode Discovery Learning Bagi Siswa Kelas VIII”. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 3(1), 18-21.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Katrisna, W., Ariatmi, S. Z. ., & Rusydi, M. A. . (2024). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Menunjang Kedisiplinan dan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPS 2. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(5). https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.713