Efektivitas Pembelajaran Sejarah Berbasis Outdoor Study pada Situs Candi Singosari untuk Meningkatkan Pemahaman Sejarah Masa Hindu-Budha Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.702Keywords:
outdoor study, pembelajaran sejarah, candi singosariAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas dari diterapkannya outdoor study ke candi singosari sebagai peningkatan pemahaman sejarah masa Hindu-Budha pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari. SMK Negeri 1 Singosasi merupakan sekolah berbasis kejuruan yang berorientasi langsung dengan IPTEK dan dunia kerja. Banyaknya siswa yang menyukai gaya pembelajaran praktik dibandingkan dengan pemahaman teori memunculkan solusi untuk mendatangi objek langsung melalui outdoor study guna meningkatkan minat belajar sejarah masa Hindu-Budha yang dinilai masih minim dan sering di abaikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan model pretest postest control group design Instrumen data kuantitatif berupa angket pilihan ganda pretest-postest. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan siswa dengan mengikuti kegiatan outdoor study ke candi Singosari memiliki tingkat pemahaman sebesar 50% untuk kelas kontrol dan 75% untuk kelas eksperimen. Adapun dampak dari diterapkannya outdoor study pada situs candi singosari Berdasarkan analisis pasca kegiatan outdoor study, minat belajar siswa meningkat karena adanya pengalaman baru siswa dalam belajar mereka selain itu siswa mejadi lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan oleh guru karena siswa merasa antusias untuk mengikuti pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Shidqi Hakim, Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.