Analisis Kepuasan Konsumen Berbasis Metode Importance Performance Analysis (IPA) terhadap Hagu Coffee & Space Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.701Keywords:
Kepuasan Konsumen, CSI, IPA, Kedai KopiAbstract
Peningkatan kepuasan konsumen adalah elemen kunci untuk menjaga kelangsungan bisnis. Persaingan yang semakin ketat dalam berbagai industri mendorong setiap perusahaan untuk berupaya membuat konsumen mereka merasa puas dan setia. Salah satu contoh usaha yang menghadapi tantangan ini adalah kedai kopi Hagu & Space di Bogor, Jawa Barat. Di tengah persaingan pasar yang semakin sengit, penting bagi kedai kopi ini untuk memahami posisinya di pasar dan mengembangkan strategi persaingan yang efektif guna mempertahankan basis konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan konsumen sebagai dasar untuk merumuskan kebijakan yang lebih efektif. Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance-Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengukur kepuasan konsumen saat ini. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa CSI mencapai nilai 90,29%, menandakan bahwa konsumen sangat puas dengan layanan yang diberikan. Melalui analisis IPA, beberapa atribut ditemukan perlu diperbaiki untuk meningkatkan atau mempertahankan tingkat kepuasan konsumen. Atribut-atribut yang masuk dalam kuadran 1, seperti 7, 9, 12, 18, dan 17, menjadi prioritas utama dalam upaya perbaikan untuk meningkatkan kepuasan konsumen di Hagu Coffee & Space.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurheni Rizkilawati, Mirna Fajriaty Ramadhani, E. Fitria Andriani Maryam, Fitri Sasqia Azzahra, Bobby Adrian Lanoghan Tarigan, Khoirul Aziz Husyairi, Tina Nur Ainun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.