Strategi Komunikasi Pemasaran Netflix pada Film Gadis Kretek dalam Meningkatkan Minat Penonton
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.696Keywords:
Komunikasi, Netflix, Film Gadis KretekAbstract
Industri film menjadi semakin relevan dalam era digital, di mana media online, termasuk layanan video on demand seperti Netflix, memainkan peran penting dalam penyebaran konten film kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Netflix Indonesia dalam mempromosikan serial film "Gadis Kretek" melalui media sosial. Dalam konteks perkembangan industri perfilman, khususnya di era digital, strategi pemasaran yang efektif menjadi krusial untuk menarik minat penonton. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan analisis deskriptif, penelitian ini memperkaya pemahaman tentang penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Media Sosial Netflix Indonesia pada Promosi Serial Film Gadis Kretek. penelitian ini dilakukan dengan melakukan metode penelitian kualitatif yang disajikan secara deskriptif untuk menganalisis penerapan literatur Strategi Komunikasi Pemasaran Media Sosial Netflix Indonesia pada Promosi Serial Film Gadis Kretek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Netflix Indonesia mengadopsi berbagai strategi pemasaran digital yang meliputi penggunaan media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Youtube untuk meningkatkan kesadaran merek serta menarik minat penonton. Selain itu, Netflix juga memanfaatkan elemen-elemen seperti postingan foto, video, dan original soundtrack untuk memperkuat promosi. Strategi pemasaran terintegrasi (IMC) digunakan untuk memastikan pesan yang disampaikan konsisten dan efektif. Selain itu, Netflix Indonesia juga melakukan pemasaran sponsorship dengan melibatkan brand-brand lokal seperti Janji Jiwa untuk mendukung promosi serial film Gadis Kretek. Penelitian ini tidak hanya memberikan manfaat teoritis dalam memperkaya literatur strategi komunikasi pemasaran di era digital, tetapi juga manfaat praktis bagi praktisi PR dan pemasaran untuk merujuk pada studi kasus ini dalam mengembangkan strategi promosi produk
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Nurhafiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.