Pengaruh Literasi Digital terhadap Pencegahan Hoaks di Media Sosial Tiktok Studi Kasus: Mahasiswa Fis Unj Angkatan 2020

Authors

  • Aulia Syurfa Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Desy Safitri Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Sujarwo Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.695

Keywords:

Literasi Digital, Pencegahan Hoaks, Media Sosial Tik Tok, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap pencegahan hoaks di media sosial TikTok pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta angkatan 2020. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa/I FIS UNJ angkatan 2020 yang memiliki dan bermain media sosial Tiktok, teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling total atau sensus dengan jumlah 73 responden. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis korelasi, regresi linear sederhana, uji parsial (uji T), dan koefisien determinasi. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh terhadap pencegahan hoaks di media sosial TikTok, bentuk pengaruh literasi digital terhadap pencegahan hoaks adalah positif dimana semakin tinggi angka literasi digital maka akan semakin tinggi pencegahan hoaks. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari koefisien determinasi atau nilai R square, literasi digital berpengaruh sebsar 26,5% terhadap pencegahan hoaks sedangkan 73,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Syurfa, A., Safitri, D. ., & Sujarwo, S. (2024). Pengaruh Literasi Digital terhadap Pencegahan Hoaks di Media Sosial Tiktok Studi Kasus: Mahasiswa Fis Unj Angkatan 2020. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(5). https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.695