Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Penerimaan Peserta Didik Baru
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.694Keywords:
Strategi Pemasaran, Siswa Baru, SMPAbstract
Komunikasi Pemasaran dalam dunia pendidikan sudah menjadi suatu kebutuhan, agar lembaga pendidikan dapat dikenal dan mendapat tempat di hati masyarakat, secara umum strategi pemasaran jasa pendidikan dalam konteks lembaga pendidikan terdiri dari pemasaran eksternal dan pemasaran internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi pemasaran dalam proses PPDB di SMP Fatahillah Jaya Kecamatan Cilincing, untuk mencapai tujuan diatas, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu peneliti mendeskripsikan kondisi sekolah, panitia PPDB, dan kegiatan pemasaran yang dilakukan. hal itu diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kegiatan pemasaran sekolah dalam kegiatan PPDB diawali dengan perencanaan yang melibatkan kepala sekolah, waka kesiswaan, dan tim marketing. perencanaan kegiatan dilakukan berdasarkan pertimbangan anggaran dan faktor pendukung serta penghambat kegiatan. (2) Pelaksanaan strategi pemasaran diawali dengan identifikasi pasar (konsumen). Kedua melakukan pengelompokan konsumen (calon wali murid). Ketiga melakukan promosi sekolah dengan menerapkan 7 unsur bauran pemasaran atau marketing mix, melakukan kerjasama, dan memberi pelayanan yang baik. (3) Evaluasi strategi pemasaran dibedakan menjadi 3, yakni evaluasi bulanan, evaluasi akhir semester, dan evaluasi akhir tahun ajaran. pada tahapan ini seluruh kegiatan dievaluasi bersamaan dengan kendala dan peluang yang dimiliki sekolah agar bisa dimanfaatkan lebih maksimal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jamaludin, Datep Purwa Saputra, Novianty Elisabeth
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.