Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Penerimaan Peserta Didik Baru

Authors

  • Jamaludin Universitas Jayabaya, Indonesia
  • Datep Purwa Saputra Universitas Jayabaya, Indonesia
  • Novianty Elisabeth Universitas Jayabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.694

Keywords:

Strategi Pemasaran, Siswa Baru, SMP

Abstract

Komunikasi Pemasaran dalam dunia pendidikan sudah menjadi suatu kebutuhan, agar lembaga pendidikan dapat dikenal dan mendapat tempat di hati masyarakat, secara umum strategi pemasaran jasa pendidikan dalam konteks lembaga pendidikan terdiri dari pemasaran eksternal dan pemasaran internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi pemasaran dalam proses PPDB di SMP Fatahillah Jaya Kecamatan Cilincing, untuk mencapai tujuan diatas, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu peneliti mendeskripsikan kondisi sekolah, panitia PPDB, dan kegiatan pemasaran yang dilakukan. hal itu diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kegiatan pemasaran sekolah dalam kegiatan PPDB diawali dengan perencanaan yang melibatkan  kepala sekolah, waka kesiswaan, dan tim marketing. perencanaan kegiatan dilakukan berdasarkan pertimbangan anggaran dan faktor pendukung serta penghambat kegiatan. (2) Pelaksanaan strategi pemasaran diawali dengan identifikasi pasar (konsumen). Kedua melakukan pengelompokan konsumen (calon wali murid). Ketiga melakukan promosi sekolah dengan menerapkan 7 unsur bauran pemasaran atau marketing mix, melakukan kerjasama, dan memberi pelayanan yang baik. (3) Evaluasi strategi pemasaran dibedakan menjadi 3, yakni evaluasi bulanan, evaluasi akhir semester, dan evaluasi akhir tahun ajaran. pada tahapan ini seluruh kegiatan dievaluasi bersamaan dengan kendala dan peluang yang dimiliki sekolah agar bisa dimanfaatkan  lebih maksimal.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Jamaludin, J., Purwa Saputra, D., & Elisabeth, N. . (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(5). https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.694

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.