Studi Kasus Kekerasan dalam Lingkungan Pendidikan di Kabupaten Timor Tengah Selatan

Authors

  • Elvis Tlonaen Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia
  • Indra Yohanes Kiling Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia
  • Pasifikus Christa Wijaya Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.692

Keywords:

kekerasan dalam pendidikan, karakter, guru, budaya

Abstract

Kekerasan telah tersebar kesegala aspek kehidupan, salah satunya adalah kalangan pendidikan, dilihat dari beberapa kasus yang belakangan terjadi dikalangan pendidikan. Lembaga pendidikan merupakan salah satu dari beberapa tempat dimana kekerasan terhadap anak sering terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kasus kekerasan dalam lingkungan pendidikan di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitaif  dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah 9 orang guru yang bertugas di Kabupaten Timor Tengah Selatan dan 6 orang partisipan triangulasi. Dengan rincian 11 orang pria dan 4 orang wanita. Analisis tematik digunakan untuk memproses data hasil wawancara. Hasil analisis ditemukan 5 tema utama yaitu : 1) Penyebab terjadinya kekerasan dalam lingkungan pendidikan, 2) Kekerasan atas nama pendidikan, 3) Karakter yang buruk berpengaruh pada pendidikan, 4) Upaya pencegahan kekerasan dalam lingkungan pendidikan, 5) Upaya sekolah dalam penanganan kekerasan yang terjadi. Berdasarkan hasil kajian dari kelima tema diatas, dapat disimpulkan bahwa tindakan kekerasan di lingkungan pendidikan dilakukan dengan alasan untuk mendisiplinkan siswa namun tindakan ini tidak dapat dibenarkan. oleh karena itu, sekolah perlu menata kembali standar operasional sekolah menjadi lebih baik.

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Tlonaen, E., Yohanes Kiling, I., & Christa Wijaya, P. . (2024). Studi Kasus Kekerasan dalam Lingkungan Pendidikan di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(5). https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.692