Studi Kasus Kekerasan dalam Lingkungan Pendidikan di Kabupaten Timor Tengah Selatan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v3i5.692Keywords:
kekerasan dalam pendidikan, karakter, guru, budayaAbstract
Kekerasan telah tersebar kesegala aspek kehidupan, salah satunya adalah kalangan pendidikan, dilihat dari beberapa kasus yang belakangan terjadi dikalangan pendidikan. Lembaga pendidikan merupakan salah satu dari beberapa tempat dimana kekerasan terhadap anak sering terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kasus kekerasan dalam lingkungan pendidikan di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitaif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah 9 orang guru yang bertugas di Kabupaten Timor Tengah Selatan dan 6 orang partisipan triangulasi. Dengan rincian 11 orang pria dan 4 orang wanita. Analisis tematik digunakan untuk memproses data hasil wawancara. Hasil analisis ditemukan 5 tema utama yaitu : 1) Penyebab terjadinya kekerasan dalam lingkungan pendidikan, 2) Kekerasan atas nama pendidikan, 3) Karakter yang buruk berpengaruh pada pendidikan, 4) Upaya pencegahan kekerasan dalam lingkungan pendidikan, 5) Upaya sekolah dalam penanganan kekerasan yang terjadi. Berdasarkan hasil kajian dari kelima tema diatas, dapat disimpulkan bahwa tindakan kekerasan di lingkungan pendidikan dilakukan dengan alasan untuk mendisiplinkan siswa namun tindakan ini tidak dapat dibenarkan. oleh karena itu, sekolah perlu menata kembali standar operasional sekolah menjadi lebih baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elvis Tlonaen, Indra Yohanes Kiling, Pasifikus Christa Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.