Keberadaan Bahasa diantara Youtuber dan Strategi Pemasaran
Keywords:
Bahasa, Filter, Gaya Bahasa, Youtuber, STPAbstract
Bahasa adalah alat komunikasi yang mempunyai peranan penting, salah satunya mengarahkan perilaku seseorang, untuk menjadi lebih baik atau sebaliknya. Bahasa adalah sebuah pesan, yang didalamnya terdapat informasi, dan tidak semua informasi yang diberikan oleh komunikator bisa terserap semuanya oleh seseorang, karena manusia memiliki keterbatasan penangkapan stimulasi oleh inderawi. Pembatasan terhadap informasi terjadi ketika komunikan melakukan filter, baik filter psikologi, filter fisiologi maupun filter budaya. Dalam menganalisa artikel yang berhubungan dengan peran Bahasa, penulis menggunakan metode literature review, artikel yang digunakan adalah yang diterbitkan tahun 2002-2021 serta beberapa sumber informasi yang diterbitkan tahun 1980an. berdasarkan artikel yang dikumpulkan diketahui bahwa citra diri yang baik, bisa terbentuk karena penggunaan bahasa yang baik. Banyak youtuber yang menggunakan bahasa yang santun, positif, santai, gaul, untuk menarik minat penonton agar berlangganan, Bahasa yang digunakan merupakan salah satu strategi untuk menarik minat penonton untuk melihat konten youtube. Dalam menyampaikan pesan, seorang youtuber penting untuk menerapkan segmentasi, targeting dan positioning yang tepat, agar sebuah pesan bisa dikemas sesuai STP yang dituju dengan semenarik mungkin, menggunakan bahasa yang disukai oleh penonton sasaran, agar subcriber setia, dan yang bukan subcriber, juga tertarik untuk menontonnya. Bahasa adalah sebagai salah satu alat pemasaran dalam sebuah bisnis atau usaha komersial
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitriana Fitriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.