Keberadaan Bahasa diantara Youtuber dan Strategi Pemasaran

Authors

  • Fitriana Fitriana Universitas Negeri Malang

Keywords:

Bahasa, Filter, Gaya Bahasa, Youtuber, STP

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi yang mempunyai peranan penting, salah satunya mengarahkan perilaku seseorang, untuk menjadi lebih baik atau sebaliknya. Bahasa adalah sebuah pesan, yang didalamnya terdapat informasi, dan tidak semua informasi yang diberikan oleh komunikator bisa terserap semuanya oleh seseorang, karena manusia memiliki keterbatasan penangkapan stimulasi oleh inderawi. Pembatasan terhadap  informasi terjadi ketika komunikan melakukan filter, baik filter psikologi, filter fisiologi maupun filter budaya. Dalam menganalisa artikel yang berhubungan dengan peran Bahasa, penulis menggunakan metode literature review, artikel yang digunakan adalah yang diterbitkan tahun 2002-2021 serta beberapa sumber informasi yang diterbitkan tahun 1980an. berdasarkan artikel yang dikumpulkan diketahui bahwa citra diri yang baik, bisa terbentuk karena penggunaan bahasa yang baik.  Banyak youtuber yang menggunakan bahasa yang santun, positif, santai, gaul, untuk menarik minat penonton agar berlangganan, Bahasa yang digunakan merupakan salah satu strategi untuk menarik minat penonton untuk melihat konten youtube. Dalam menyampaikan pesan, seorang youtuber penting untuk menerapkan segmentasi, targeting dan positioning yang tepat, agar sebuah pesan bisa dikemas sesuai STP yang dituju dengan semenarik mungkin, menggunakan bahasa yang disukai oleh penonton sasaran, agar subcriber setia, dan yang bukan subcriber, juga tertarik untuk menontonnya. Bahasa adalah sebagai salah satu alat pemasaran dalam sebuah bisnis atau usaha komersial

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Fitriana, F. (2023). Keberadaan Bahasa diantara Youtuber dan Strategi Pemasaran. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(12). Retrieved from https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/579