Penilaian Kinerja Guru Berprestasi Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Kerja Dengan Metode Analytical Hierarchy Process

Authors

  • Andri Oktarian Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Buddhi Dharma Tangerang
  • Aan Sulkhan Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Buddhi Dharma Tangerang
  • Achmad Mico Wahono Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Buddhi Dharma Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.499

Keywords:

Penilaian Guru, Nilai Prioritas, Insentif, AHP

Abstract

Setiap Guru diharapkan mampu memberikan kinerja terbaik agar tujuan sebuah institusi pendidikan dapat melahirkan lulusan berkualitas dan kompeten. institusi pendidikan diharapkan dapat memberikan sebuah pengharagaan atas kinerja yang telah dilakukan dalam bentuk prestasi kinerja guru yang berujung pemberian bonus atau insentif tambahan bagi kesejahteraan guru terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem penilaian kinerja guru berpretasi di lingkungan Yayasan Mutiara Insan Nusantara Kabupaten Tangerang yang selama ini masih dilakukan secara manual dalam memberikan penilaian. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) karena dinilai sebagai alat pengambil keputusan yang powerful dan fleksibel, yang dapat membantu menetapkan prioritas - prioritas dan membuat keputusan yang terbaik dan tepat sasaran. dari hasil analisa dengan metode AHP diperoleh kinerja guru terbaik pertama adalah Endah Isnaintri, S.Pd sebesar 0.42, kedua adalah Ernawati, S.Pd sebesar 0.24, ketiga adalah  Lalan Sesi, S.Pd sebesar 0.17, keempat adalah Iis IStianah, S.Pd sebesar 0.11, kelima adalah Mardiah, S.Pd sebesar 0.07.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Oktarian, A., Sulkhan, A. ., & Mico Wahono, A. . (2023). Penilaian Kinerja Guru Berprestasi Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Kerja Dengan Metode Analytical Hierarchy Process . Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(8), 1455–1464. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.499