Pengembangan E-Modul Untuk Pembelajaran Tata Rias Geriatri Pada Siswa Kelas Xi Tata Kecantikan Smkn 27 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i8.472Keywords:
E-Modul Pembelajaran, Tata Rias Wajah Geriatri, FigmaAbstract
Pengembangan E-Modul Tata Rias Geriatri pada penelitian ini menggunakan aplikasi Figma. Aplikasi Figma merupakan aplikasi yang berbabsis web link.. Penelitian ini berangkat dari permasalahan keterbatasan sumber belajar pada kelas XI Tata Kecantikan SMKN 27 Jakarta pada materi Tata Rias Wajah Geriatri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Pada pengembangan ADDIE terdapat 5 tahapan, yaitu : (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Pada tahap evaluasi peneliti menggunakan instrumen kuisioner yang disebarkan kepada ahli materi, ahli media, 5 peserta small group test, 25 peserta field group test kelayakan dan kepraktisan produk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji coba ahli materi ke-1 tahap satu ialah 56% dan tahap dua 86%, uji coba ahli materi ke-2 tahap satu ialah 81% dan tahap dua 94%, uji coba ahli media tahap satu ialah 60% dan tahap kedua 73%. Kemudian peneliti juga melakukan uji coba kepada kelompok kecil dengan meraih persentase sebesar 79,2% dan pada uji lapangan memperoleh hasil 84,28%. Berdasarkan penilaian tersebut, produk e-modul untuk pembelajaran tata rias wajah geriatri sudah valid, layak digunakan dan praktis sebagai media pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Audrey Febrina Hidajatulloh, Aniesa Puspa Arum, Nurul Hidaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.