Pengembangan E-Modul Berbasis Figma pada Pembelajaran Tata Rias Karakter Horor

Authors

  • Zahrah Shafa Pendidikan Tata Rias
  • Titin Supiani Pendidikan Tata Rias
  • Nurul Hidayah Pendidikan Tata Rias

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.207

Keywords:

Pengembangan, E-Modul, Figma, Tata Rias Karakter Horor

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R & D) yang menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Penelitian ini akan menghasilkan bahan ajar berupa E-Modul atau modul elektronik bebrbasis aplikasi web Figma pada pembelajaran Tata Rias Karakter Horor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-Modul Tata Rias Karakter Horor yang layak digunakan untuk media pembelajaran Tata Rias Karakter Horor. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai penilaian validasi kepada ahli materi dan media serta uji praktikalitas dari mahasiswa, analisis data menggunakan persentase dengan kategori yang telah ditetapkan. Sampel penelitian merupakan nmahasiswa Pendidikan Tata Rias tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 orang. Hasil validasi oleh ahli media sebesar 92% dengan kategori sangat valid dan untuk validasi oleh ahli materi 95% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas kelompok kecil didapatkan dari siswa sebesar 87% dengan kategori sangat layak, nilai praktikalitas kelompok besar didapatkan dari siswa sebesar 93 % dengan kategori sangat layak. Dari perolehan hasil tersebut, maka E-Modul pembelajaran telah valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas.

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Shafa, Z., Supiani , T. ., & Hidayah, N. . (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Figma pada Pembelajaran Tata Rias Karakter Horor. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(1), 292–305. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.207