Pengembangan E-Modul Berbasis Figma pada Pembelajaran Tata Rias Karakter Horor
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.207Keywords:
Pengembangan, E-Modul, Figma, Tata Rias Karakter HororAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R & D) yang menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Penelitian ini akan menghasilkan bahan ajar berupa E-Modul atau modul elektronik bebrbasis aplikasi web Figma pada pembelajaran Tata Rias Karakter Horor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-Modul Tata Rias Karakter Horor yang layak digunakan untuk media pembelajaran Tata Rias Karakter Horor. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai penilaian validasi kepada ahli materi dan media serta uji praktikalitas dari mahasiswa, analisis data menggunakan persentase dengan kategori yang telah ditetapkan. Sampel penelitian merupakan nmahasiswa Pendidikan Tata Rias tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 orang. Hasil validasi oleh ahli media sebesar 92% dengan kategori sangat valid dan untuk validasi oleh ahli materi 95% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas kelompok kecil didapatkan dari siswa sebesar 87% dengan kategori sangat layak, nilai praktikalitas kelompok besar didapatkan dari siswa sebesar 93 % dengan kategori sangat layak. Dari perolehan hasil tersebut, maka E-Modul pembelajaran telah valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zahrah Shafa, Titin Supiani , Nurul Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.