Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Spltv Dengan Tahapan Newman Di Sman 4 Sungai Raya

Authors

  • Susilawati Susilawati Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty Faculty of Engineering, University of Persada Indonesia
  • Muhamad Firdaus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.453

Keywords:

analisis kesalahan, soal cerita, SPLTV, tahapan newman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi SPLTV dengan menggunakan tahapan Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMPN 4 Sungai Raya. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes yang dianalisis menggunakan tahapan Newman. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa melakukan Kesalahan dalam membaca soal yang dilakukan siswa berupa tidak mengetahui kata /makna dari soal dengan persentase sebesar 27,14%; kesalahan dalam memahami soal yang dilakukan siswa berupa tidak mengetahui apa yang akan dicari dengan persentase sebesar 46,43%; kesalahan dalam mentransformasikan yang dilakukan siswa berupa tidak dapat memodelkan kedalam bentuk matematika dari soal cerita yang diberikan dengan persentase sebesar 25,72%; kesalahan dalam keterampilan proses yang dilakukan siswa berupa kesalahan dalam perhitungan dengan persentase sebesar 22,17%; dan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir yang dilakukan siswa berupa kesalahan menuliskan jawaban akhir dari soal dengan persentase sebesar 76,43%.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Susilawati, S., Desy Susiaty, U., & Firdaus, M. . (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Spltv Dengan Tahapan Newman Di Sman 4 Sungai Raya. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7), 1303–1310. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.453