Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Spltv Dengan Tahapan Newman Di Sman 4 Sungai Raya
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.453Keywords:
analisis kesalahan, soal cerita, SPLTV, tahapan newmanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi SPLTV dengan menggunakan tahapan Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMPN 4 Sungai Raya. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes yang dianalisis menggunakan tahapan Newman. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa melakukan Kesalahan dalam membaca soal yang dilakukan siswa berupa tidak mengetahui kata /makna dari soal dengan persentase sebesar 27,14%; kesalahan dalam memahami soal yang dilakukan siswa berupa tidak mengetahui apa yang akan dicari dengan persentase sebesar 46,43%; kesalahan dalam mentransformasikan yang dilakukan siswa berupa tidak dapat memodelkan kedalam bentuk matematika dari soal cerita yang diberikan dengan persentase sebesar 25,72%; kesalahan dalam keterampilan proses yang dilakukan siswa berupa kesalahan dalam perhitungan dengan persentase sebesar 22,17%; dan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir yang dilakukan siswa berupa kesalahan menuliskan jawaban akhir dari soal dengan persentase sebesar 76,43%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Susilawati Susilawati, Utin Desy Susiaty, Muhamad Firdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.