Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Media Permainan Monopoli Ipa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Iftitah Nurin Handini Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Budiyanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.438

Keywords:

Teams Games Tournament, monopoli IPA, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar, keterlaksanaan pembelajaran, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran Teams Games Tournament dengan menggunakan media monopoli IPA. Model yang digunakan yaitu model pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Penelitian ini melibatkan 32 peserta didik kelas VIII-D di SMPN 15 Gresik. Teknik pengempulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi dengan skor N-gain 0,63 yang menunjukkan kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t berpasangan dengan ? = 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel (17,031 > 2,0395), sehingga dalam penelitian ini H0 ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Adapun keterlaksanaan pembelajaran pada setiap pertemuan mendapatkan hasil yang sangat baik dengan persentase pertemuan 1 sebesar 81,6%, pertemuan 2 sebesar 97,6% dan pertemuan 3 mendapatkan 100%. Hasil dari angket respon peserta didik mendapatkan respon positif terhadap pembelajaran TGT dengan media monopoli IPA. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan menggunakan media monopoli IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia.

Downloads

Published

2023-07-11

How to Cite

Nurin Handini, I., & Budiyanto, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Media Permainan Monopoli Ipa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik . Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7), 2063–2072. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.438