Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Media Permainan Monopoli Ipa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.438Keywords:
Teams Games Tournament, monopoli IPA, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar, keterlaksanaan pembelajaran, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran Teams Games Tournament dengan menggunakan media monopoli IPA. Model yang digunakan yaitu model pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Penelitian ini melibatkan 32 peserta didik kelas VIII-D di SMPN 15 Gresik. Teknik pengempulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi dengan skor N-gain 0,63 yang menunjukkan kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t berpasangan dengan ? = 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel (17,031 > 2,0395), sehingga dalam penelitian ini H0 ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Adapun keterlaksanaan pembelajaran pada setiap pertemuan mendapatkan hasil yang sangat baik dengan persentase pertemuan 1 sebesar 81,6%, pertemuan 2 sebesar 97,6% dan pertemuan 3 mendapatkan 100%. Hasil dari angket respon peserta didik mendapatkan respon positif terhadap pembelajaran TGT dengan media monopoli IPA. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan menggunakan media monopoli IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Iftitah Nurin Handini, Mohammad Budiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.