Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Getaran dan Gelombang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.428Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Siswa, Getaran GelombangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi getaran dan gelombang, 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing materi getaran dan gelombang, dan 3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi getaran dan gelombang. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII SMPN 9 Gresik dan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-H yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Uji normalitas menggunakan metode Shapiro Wilk dan teknik analisis yang digunakan yakni uji t dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) persentase keterlaksanaan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada dalam kategori sangat baik, 2) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan kategori baik, dan 3) diperoleh modus skor sebesar 3 respon siswa terhadap pembelajaran dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terlaksana dengan sangat baik, 2) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan 3) respon siswa positif terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khinanti Noer Hanifah, Mohammad Budiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.