Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Main Peran Terhadap Kemampuan Moral Keagamaan Dan Sosial Emosional Anak Kelompok B

Authors

  • Ulin Nizamiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Bachtiar Syaiful Universitas Negeri Surabaya
  • Turhan Yani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.107

Keywords:

Sentra Main Peran, Moral Keagamaan, Sosial Emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sentra main peran terhadap perkembangan moral keagamaan dan social emosional anak kelompok B di TK Khadijah Pandegiling. Dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Khadijah Pandegiling dengan jumlah 54 anak. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Instrumen pengumpul data menggunakan teknik kuisioner/angket dan wawancara. Data penelitian dianalisis secara statistik melalui teknik uji t dengan nilai pengaruh 25,3 %. Hasil análisis data menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran sentra main peran memiliki pengaruh terhadap perkembangan moral keagamaan anak kelompok B di TK Khadijah Pandegiling 2) Model pembelajaran sentra main peran memiliki pengaruh terhadap perkembangan sosial emocional anak kelompok B di TK Khadijah Pandegiling.

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Nizamiyah, U., Syaiful, B. ., & Yani, T. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Main Peran Terhadap Kemampuan Moral Keagamaan Dan Sosial Emosional Anak Kelompok B. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(4), 763–768. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.107