Kinerja Pegawai Puskesmas Terhadap Peningkatan Pelayanan Kesehatan

Authors

  • Dewi Agustina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ade Fitri Arianti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • , Bunga Elvyan Br.Damanik Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Istikhoma Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rehana Nugraha B Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Quen Kholisa Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.99

Keywords:

Kinerja Pegawai, Puskesmas, Pelayanan Kesehatan

Abstract

Pelayanan kesehatan dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Peran perawat dalam Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) adalah suatu bentuk pelayanan keperawatan profesional yang merupakan perpaduan konsep kesehatan masyarakat dengan konsep keperawatan yang ditujukan pada seluruh masyarakat dengan penekanan kelompok resiko tinggi. Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja pegawai Puskesmas dalam pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas dan mengidentifikasi faktor penghambat para pegawai dalam pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas. Metode Penelitian: Penulisan artikel ini menggunakan metode pencarian artikel menggunakan dua database, yaitu Google Scholar dan PubMed Kesehatan dengan kata kunci kinerja pegawai, puskesmas, pelayanan kesehatan. Hasil: Bahwa Kinerja Pegawai Puskesmas Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas dapat dikatakan cukup baik dapat tercermin dari kualitas kinerja pegawai, kemampuan pegawai, ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan, kerjasama antar pegawai dan kedisiplinan pegawai yang sudah terlaksana dengan baik walaupun masih adanya pegawai yang kurang teliti dan kurang disiplin. Faktor pendukung kinerja pegawai yaitu suasana yang kondusif dan adanya kerjasama antar pegawai, sedangkan faktor penghambat kinerja pegawai yaitu kurangnya pelatihan teknis dan kurangnya kesadaran pegawai dalam mentaati ketentuan jam kerja. Kesimpulan: Hubungan kinerja pegawai puskesmas dengan pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas dalam melakukan pelayanan keperawatan kesehatan masyarakat lebih ditingkatkan dan menjadi prioritas utama di Puskesmas agar masyarakat dapat menikmati pelayanan keperawatan yang puas dan perawat lebih semangat dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Agustina, D., Fitri Arianti, A., Elvyan Br.Damanik, , B. ., Rambe, I. ., Nugraha B Sitorus, R. ., & Kholisa Purba, Q. . (2022). Kinerja Pegawai Puskesmas Terhadap Peningkatan Pelayanan Kesehatan. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(4), 691–697. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.99