Kinerja Pegawai Puskesmas Terhadap Peningkatan Pelayanan Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.99Keywords:
Kinerja Pegawai, Puskesmas, Pelayanan KesehatanAbstract
Pelayanan kesehatan dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Peran perawat dalam Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) adalah suatu bentuk pelayanan keperawatan profesional yang merupakan perpaduan konsep kesehatan masyarakat dengan konsep keperawatan yang ditujukan pada seluruh masyarakat dengan penekanan kelompok resiko tinggi. Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja pegawai Puskesmas dalam pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas dan mengidentifikasi faktor penghambat para pegawai dalam pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas. Metode Penelitian: Penulisan artikel ini menggunakan metode pencarian artikel menggunakan dua database, yaitu Google Scholar dan PubMed Kesehatan dengan kata kunci kinerja pegawai, puskesmas, pelayanan kesehatan. Hasil: Bahwa Kinerja Pegawai Puskesmas Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas dapat dikatakan cukup baik dapat tercermin dari kualitas kinerja pegawai, kemampuan pegawai, ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan, kerjasama antar pegawai dan kedisiplinan pegawai yang sudah terlaksana dengan baik walaupun masih adanya pegawai yang kurang teliti dan kurang disiplin. Faktor pendukung kinerja pegawai yaitu suasana yang kondusif dan adanya kerjasama antar pegawai, sedangkan faktor penghambat kinerja pegawai yaitu kurangnya pelatihan teknis dan kurangnya kesadaran pegawai dalam mentaati ketentuan jam kerja. Kesimpulan: Hubungan kinerja pegawai puskesmas dengan pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas dalam melakukan pelayanan keperawatan kesehatan masyarakat lebih ditingkatkan dan menjadi prioritas utama di Puskesmas agar masyarakat dapat menikmati pelayanan keperawatan yang puas dan perawat lebih semangat dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dewi Agustina, Ade Fitri Arianti, , Bunga Elvyan Br.Damanik, Istikhoma Rambe, Rehana Nugraha B Sitorus, Quen Kholisa Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.